kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina perkuat distribusi demi jamin pasokan BBM dan LPG di Kalsel


Kamis, 21 Januari 2021 / 13:58 WIB
Pertamina perkuat distribusi demi jamin pasokan BBM dan LPG di Kalsel
ILUSTRASI. Pertamina perkuat distribusi demi menjamin pasokan BBM dan LPG di Kalsel.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina memperkuat jaringan distribusi pasca bencana banjir yang melanda Kalimantan Selatan demi memastikan ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan liquified petroleum gas (LPG).

Dalam kunjungan ke daerah terdampak pada Selasa (19/1), Direktur Utama PT Pertamina Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid mengatakan, pantauan dilakukan guna melihat alur distribusi mobil tangki BBM dan LPG yang menggunakan moda alternatif landing craft tank (LCT) atau kapal pendarat muatan yang menyusuri sungai untuk mempercepat jalur distribusi BBM dan LPG yang terhambat karena akses utama belum dapat dilalui.

“Sejak dua hari lalu, kami memutuskan menggunakan LCT untuk mengangkut mobil tangki BBM dan mobil tangki LPG guna memastikan bahwa SPBU dan SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) memiliki stok yang cukup,” ujar Mas'ud dalam keterangan resmi, Kamis (21/1).

Baca Juga: Jaga pasokan LPG, Pertamina gelar operasi pasar di Kalimantan Selatan

Kunjungan sebagai Satgas tanggap bencana Pertamina berlanjut ke posko pengungsian terpusat yang berada di Stadion Demang Lehman di Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Mas'ud Khamid menyerahkan bantuan logistik berupa 5.000 paket sembako, 1.000 perlengkapan kesehatan, dan 60 perlengkapan keselamatan, serta 32 tabung bright gas untuk dapur umum. Bantuan diterima oleh Agus Siswanto, Kepala Posko Pengungsi Stadion Demang Lehman.

Arif salah satu dari 770 pengungsi yang berasal dari Banjar Baru senang atas bantuan yang diberikan Pertamina.

“Terima kasih banyak atas kepedulian Pertamina, kami di sini tidak tahu dimana mencari sembako untuk kebutuhan utama sehari-hari. Alhamdulillah hari ini kami diberikan rezeki,” kata Arif.

Selain itu, Mas'ud merespons baik permintaan Kepala Posko Pengungsi dan Kepala Bidang Kedaruratan akan kebutuhan Bright Gas untuk dapur umum dengan segera mengirimkan LPG Bright Gas tambahan untuk stok kebutuhan dapur umum. "Pertamina berkomitmen menyalurkan energi baik di tengah-tengah kesulitan yang melanda saudara-saudara kita di Kalsel," tambahnya.

Selain itu, di Posko BPBD Provinsi Kalsel, Ma'sud juga memberikan dua unit perahu karet secara simbolis kepada Abriansyah Alam, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalsel.

“Kebutuhan mendesak saat ini yang BPBD perlukan adalah perahu karet untuk membantu menyalurkan bantuan dan evakuasi warga di tengah kondisi volume air tinggi di sejumlah daerah. Kami kesulitan mendapatkan perahu karet di Kalimantan Selatan, dan kami bersyukur Pertamina peduli dan memberikan bantuan ini,” kata Abriansyah.

Selanjutnya: Ini kata pelaku usaha soal tudingan tambang batubara sebabkan banjir di Kalsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×