kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina siap kebut produksi usai proyek PLBC sepenuhnya rampung


Rabu, 31 Juli 2019 / 21:55 WIB
Pertamina siap kebut produksi usai proyek PLBC sepenuhnya rampung


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina menandatangani serah terima Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) dari JGC, sebuah perusahaan bidang kontraktor EPC internasional asal Jepang untuk PLBC yang telah dimulai prosesnya sejak empat tahun silam.

Penandatanganan dilakukan Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang dan Project Director PT JGC, Suryadi Kresno di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (31/7).

Baca Juga: Menteri Jonan sebut Indonesia tidak akan impor LNG

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, serah terima ini menandai rampungnya proyek tersebut dan PLBC akan sepenuhnya beroperasi. Di bawah pengelolaan Pertamina Refinery Unit (RU) IV, Kilang Cilacap akan memproduksi lebih banyak bahan bakar minyak berkualitas standar Euro 4.

“Kemampuan produksi Pertamax Kilang Cilacap akan meningkat signifikan dari 1 juta barrel per bulan menjadi 1,6 juta barrel per bulan, sehingga akan mengurangi impor BBM, terutama Pertamax,” ujar Ignatius.

Baca Juga: Lifting tak optimal, Jonan ingini Pertamina lebih cepat dalam mengambil keputusan

Menurut Ignatius, PLBC juga berdampak positif pada upaya pemerintah untuk memperkuat cadangan devisa negara dan bahkan berkontribusi terhadap GDP Indonesia sekitar 0,12%. Asal tahu saja, PLBC menelan investasi US$ 392 juta dengan lingkup pekerjaan meliputi, Revamping unit Platforming I sehingga kapasitas produksi meningkat 30% menjadi 18.6 MBSD.

Lalu, pembangunan unit baru LNHT - Isomerization dengan kapasitas design 21.5 MBSD serta pembangunan beberapa unit utilities untuk mendukung unit proses PLBC. Saat konstruksi, PLBC menyerap sekitar 2.500 tenaga pekerja, dimana lebih dari 70% di antaranya adalah pekerja lokal Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×