kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pertumbuhan Gim Daring Dalam Negeri Terus Meningkat Signifikan


Rabu, 13 Desember 2023 / 14:09 WIB
Pertumbuhan Gim Daring Dalam Negeri Terus Meningkat Signifikan
ILUSTRASI. Kembangkan Ekosistem Industri Gim, Kominfo Hadirkan Kebijakan Afirmatif


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan gim daring terus meningkat secara signifikan. Berdasarkan data Reedser Analysis, pada tahun 2023, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia terpapar gim yang disediakan dalam berbagai perangkat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan dukungan untuk pengembangan ekosistem gim Indonesia melalui kebijakan afirmatif. 

"Kementerian Kominfo berupaya menghadirkan kebijakan afirmatif bagi ekosistem game Indonesia," ujarnya dalam acara penandatanganan MoU Pengembangan e-Sports Desa Kreatif - Weekly Brief Menparekraf, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023). 

Baca Juga: Induk Tiktok Hentikan Ambisinya di Bisnis Gim

Menurut Menteri Budi Arie Setiadi, pada tahun 2022, pengguna gim di Indonesia telah mengunduh 3,45 miliar gim daring. Kondisi itu menempatkan Indonesia sebagai peringkat kedua negara dengan pengguna gim daring terbanyak di dunia. 

Mengutip data State of Mobile Gaming 2023 dan Statista Market Insight 2023, Menkominfo menyatakan pertumbuhan tersebut diperkirakan terus melaju positif. Pada tahun 2028, diproyeksikan terdapat 45,5 juta pengguna di pasar game online  Indonesia dengan estimasi pendapatan bernilai sebesar USD491.10 Juta  atau hampir Rp6 Triliun. 

"Potensi ekonomi yang signifikan tersebut tentu harus kita kembangkan secara serius," tandasnya.

Salah satu dukungan nyata Kementerian Kominfo dengan melakukan revisi Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik. Revisi ini merupakan bagian dari penyusunan Perpres tentang Industri Gim Nasional yang bertujuan memperkuat industri gim lokal 

“Secara prinsip dapat menghadirkan level playing field antara pelaku industri gim lokal dan global,” tegas Menteri Budi Arie.

Selain itu, Kementerian Kominfo bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) juga mendorong pertumbuhan usaha pelaku gim Indonesia melalui Indonesia Game Developer Exchange (IDGX). Kegiatan IDGX terdiri dari kegiatan game developer mentoring, business matchmaking dan pertukaran informasi melalui berbagai workshop dan diskusi bersama pelaku industri global. 

Baca Juga: Industri Software Konten Dorong Percepatan Ekonomi Digital

"Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dan nilai produk bagi pengembangan game di Indonesia," ungkap Menkominfo.

Dalam acara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengapresiasi inisiatif pengembangan ekosistem gim daring di Desa Kreatif Indonesia yang diperkuat melalui penandatanganan MoU. 

"Semoga ke depan semakin banyak talenta digital Indonesia di bidang game yang kreatif, unggul, yang berdaya saing di tingkat nasional maupun global," harapnya. 

Dalam acara itu hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sandiaga Uno, Staf Khusus Presiden RI sekaligus Dewan Pembina IESPA Diaz Hendropriyono, Ketua Umum ADKI Fikri El-Aziz, dan Ketua Umum IESPA Ibnu Riza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×