kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,70   -3,43   -0.40%
  • EMAS932.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Perusahaan tambang dengan peringkat ESG yang lebih tinggi akan ungguli pasar


Senin, 02 Agustus 2021 / 15:18 WIB
Perusahaan tambang dengan peringkat ESG yang lebih tinggi akan ungguli pasar
ILUSTRASI. Logo Price Waterhouse Coopers

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pertambangan dengan peringkat Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental, Social, and Good Governance/ESG) yang lebih tinggi, akan mengungguli pasar pada skala yang lebih luas selama puncak krisis Covid-19.

Sehingga memberikan rata-rata total imbal hasil bagi pemegang saham sebesar 34% selama tiga tahun terakhir atau sepuluh poin persentase lebih tinggi dari indeks pasar umum.

Hal ini disampaikan dalam  PwC’s 18th Annual Review of the Top 40 Mining companies - Mine 2021 - yang mengkaji tren global dalam industri pertambangan. Dalam laporan tersebut, laba bersih di sektor ini naik 15%, cash on hand naik 40%, dan kapitalisasi pasar naik hampir dua pertiga menjadi US$1,46 triliun.

Baca Juga: Perubahan tata kelola minerba akan berdampak positif bagi pelaku usaha

Ada tanda-tanda kelanjutan optimisme untuk tahun 2021, seiring perkiraan yang menunjukkan bahwa 40 besar akan melaporkan rekor pendapatan dan tingkat EBITDA tertinggi dan rekor laba bersih tertinggi kedua.

Bersamaan dengan itu, permintaan mineral yang masuk ke teknologi energi bersih diperkirakan akan meningkat 6 kali lipat dalam 20 tahun ke depan.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa produksi batu bara 40 Perusahaan Besar turun 12% pada tahun 2020. Transaksi turun dari lima pada tahun 2018 menjadi nol pada tahun 2019 dan 2020, menyoroti pergeseran sektor ini yang terus berlanjut menuju emisi nol bersih (net zero).

Paul Bendall, Global Leader, Mining & Metals, PwC Australia, mengatakan sektor pertambangan global telah menunjukkan ketangguhan dan kelincahan dalam mengadaptasi operasinya selama pandemi.

"Ditambah lagi, dorongan menuju kelestarian lingkungan telah menciptakan lanskap yang mudah berubah bagi perusahaan pertambangan, tetapi juga menghadirkan peluang untuk perubahan transformasional yang sejati," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (2/8).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×