kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peugeot meramaikan lagi pasar sedan medium


Sabtu, 16 Juni 2012 / 08:35 WIB
Peugeot meramaikan lagi pasar sedan medium
ILUSTRASI. Solusi Sinergi Digital (WIFI) membangun jaringan fiber optik di Pulau Jawa.


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Edy Can

JAKARTA. Gempuran mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) serta sedan buntung (hatchback) membuat tipe mobil yang lain seperti sedan kelas medium yang berdapur pacu 1.600 cc sampai bawah 2.000 cc kalah bersaing. Namun pebisnis seperti PT Astra International Peugeot tidak patah semangat.

Constantinus Herlijoso, Chief Executive Officer PT Astra International Peugeot, menyatakan bahwa penjualan sedan medium tahun ini diprediksikan cuma sekitar 400 unit per bulan atau turun sekitar 3%-5% dari penjualan tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah penetrasi mobil hatchback di pasar kian dalam. "Namun pasar sedan medium tidak akan habis karena terdapat konsumen yang loyal," kata dia, Jumat (15/6).

Celah bisnis inilah yang dimanfaatkan Astra Peugeot dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan melansir varian terbaru mobil asal Prancis di segmen ini yakni Peugeot 408.

Mobil ini bakal didatangkan secara utuh alias completely built-up (CBU) dari pabrik Peugeot di Malaysia ini. Herlijoso menyatakan, Astra Peugeot bakal mendapat jatah sekitar 60 unit 408 per bulan. Jumlah ini setara dengan kapasitas produksi Peugeot 408 di pabrik Malaysia yang mencapai 200 unit per bulan.

Ia yakin jumlah unit yang dipesan bakal terserap pasar. Paling cepat pertengahan Juli, Peugeot 408 terbaru sudah bisa ada di garasi pembeli.
Peugeot 408 sendiri dipasarkan dalam dua tipe. Peugeot 408 1.6 L turbo dibanderol Rp 389,5 juta dan tipe 2.0 L memiliki harga Rp 317 juta. "Saat ini yang tersedia ada 30 unit," katanya.

Pesaing Civic dan Altis

Supaya target tercapai, Astra Peugeot bakal menambah tiga outlet purna jual baru di Sumatera, Makasar dan Jakarta. Untuk mendirikan satu outlet, Astra Peugeot haru keluar kocek sebesar Rp 10 miliar. Saat ini Astra Peugeot memiliki 10 gerai.

Salah satu pesaing Peugeot di segmen ini yakni Honda tak mau ketinggalan. Setelah pabrik Honda di Thailand sudah bisa berproduksi secara normal, PT Honda Prospect Motor pun gencar melansir beragam produk Honda terbaru. Maklum, pengiriman pasokan komponen dan mobil Honda dari Thailand mulai membaik. "Kami pasti bakal meluncurkan produk baru di segmen sedan," kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Khusus untuk segmen sedan medium ini, Honda mengandalkan Honda Civic. Nah, Honda Prospect bakal meluncurkan generasi terbaru dari Honda Civic ini yakni bernama All New Honda Civic di pertengahan atau akhir Juni ini. Maklum saja, di rentang waktu Januari-Mei kemarin, Honda Prospect tak menjual sedan termasuk Civic lantaran tidak mendapat kiriman pasokan dari Thailand.

Dari catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Civic periode Januari - Mei 2011 sebesar 577 unit. Sedangkan penjualan sepanjang tahun 2011 sebesar 1.063 unit.

Sedangkan penjualan Toyota New Altis buatan PT Toyota Astra Motor selama periode Januari-Mei 2012 mencatatkan angka sebanyak 884 unit. Jumlah tersebut naik sebesar 8,8% dibandingkan dengan penjualan sepanjang periode yang sama tahun lalu yaitu sebanyak 812 unit. Selama 2011 Toyota New Altis telah mencatatkan penjualan total sebesar 1.697 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×