kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinsar tegaskan akan menindak anggota yang rugikan organisasi


Selasa, 25 Mei 2021 / 15:17 WIB
Pinsar tegaskan akan menindak anggota yang rugikan organisasi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) meminta kepada seluruh anggotanya untuk konsisten memajukan industri perunggasan, dengan berpegangan pada usulan yang telah disepakati organisasi dan menghormati setiap hasil keputusan Dewan Pengurus. 

Hal itu ditegaskan karena seringkali ditemukan banyak informasi hoaks dan gerakkan-gerakkan yang dilakukan anggota di luar keputusan Dewan Pengurus. Hal ini dinilai bisa merusak reputasi asosiasi perunggasan yang telah berdiri lebih dari 30 tahun ini. 

Ketua Umum Pinsar Indonesia Singgih Januratmoko mengakui salah satu anggotanya Alvino berseberangan dengan perintah asosiasi. 

"Pak Alvino melakukan kegiatan-kegiatan yang meskipun dilakukan atas nama Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) tidak dapat dibenarkan. Karena pada akhirnya berdampak terhadap pencemaran nama baik organisasi kami. Karenanya, Dewan Pengurus memutuskan untuk menonaktifkan yang bersangkutan," katanya dalam keterangannya, Selasa (25/5). 

Baca Juga: Wamendag minta perdagangan sektor perunggasan tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Namun, Singgih sendiri menghormati keputusan Alvino untuk membuat asosiasi sendiri dan sering membuat pernyataan berbeda walaupun dalam koridor yang sama yaitu berjuang demi industri perunggasan.  "Pak Alvino sudah membuat asosiasi sendiri-sendiri. Kita menghormati haknya saja," ujarnya. 

Singgih mengungkapkan, perbedaan yang seringkali terjadi dengan keputusan Dewan Pengurus yaitu saat ingin turun ke jalan saja menuntut kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan industri.  "Intinya sama-sama berjuang untuk kepentingan perunggasan, kadang tidak sejalan dalam hal aksi demonya saja," ungkapnya. 

Terkait tudingan ini, Kontan.co.id sudah mengonfirmasi ke Alvino dan ia mengaku tidak mengerti atas tudingan yang dilancarkan tersebut. "Oh yang itu, saya juga tidak tahu, siang ini saya coba konfirmasi langsung ke Pak Singgihnya," ujarnya kepada Kontan.co.id.

Selanjutnya, Singgih menegaskan, sesuai dengan misi asosiasi untuk terus mengupayakan stabilitas dan pengembangan pasar komoditas hasil perunggasan, Pinsar Indonesia kerap menyampaikan usulan kebijakan maupun penyampaian aspirasi dalam bentuk lainnya kepada pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan). 

Baca Juga: Tingkatkan kualitas petani untuk kerek produksi

Menurutnya, industri perunggasan sudah sejak lama mengalami pasang surut terutama kaitannya dengan harga ayam hidup yang fluktuatif di tingkat peternak, baik peternak kecil maupun besar. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×