kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Platform Kopral targetkan 20.000 anggota tiap bulan pada 2021


Jumat, 08 Januari 2021 / 18:38 WIB
Platform Kopral targetkan 20.000 anggota tiap bulan pada 2021
ILUSTRASI. PT Kopral Indonesia Teknologi (KIT) meluncurkan platform Koperasi All In One (Kopral)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koperasi terus didorong untuk manfaatkan digitalisasi. Bawa semangat digitalisasi, PT Kopral Indonesia Teknologi (KIT) meluncurkan platform Koperasi All In One (Kopral) Indonesia pada Agustus 2020 lalu.

Kopral merupakan platform yang fokus dalam mendigitalisasi operasional koperasi dan UMKM serta mencipatakan ekosistem baru dengan bisnis digital, e-commerce, paylater serta laporan keuangan. Dengan teknologi digital Kopral membantu koperasi dalam pengelolaannya.

Chief Executive Officer (CEO) Kopral Indonesia, Adi Santoso mengatakan, koperasi selama ini dihadapkan pada permasalahan umum seperti sistem pencatatan dan pelaporan yang masih manual serta terbatasnya pengembangan bisnis dan layanan.

Khusus untuk pengembangan bisnis Adi menambahkan melalui Kopral Indonesia koperasi dinilai akan mampu melebarkan bisnis ke segala lini.

Baca Juga: Ini 10 pemenang Pahlawan Digital UMKM 2020

"Koperasi badan usaha atau bisnis yang juga bisa berkembang sama kayak usaha lain. Kalau dulu bisnis koperasi harus modal sendiri, misal buka toko HP modal sendiri kemudian belum tentu juga berjalan baik. Kini dengan Kopral koperasi bisa jalin kerja sama dengan usaha lain, misal UMKM," jelas Adi kepada Kontan.co.id, Jumat (8/1).

Selain berikan kemudahan pencatatan dan pelaporan keuangan serta simpan pinjam secara online. Kopral memiliki keunggulan fitur yang dapat dimanfaatkan koperasi yaitu Paylater dan E-commerce.

Melalui fitur tersebut koperasi mampu melebarkan bisnisnya secara digital dan lebih praktis. Adi menjelaskan, untuk fitur Paylater koperasi yang menggunakan platform Kopral dapat menjalin kemitraan dengan UMKM atau usaha lain. Nantinya anggota koperasi tersebut dapat menggunakan Kopral dalam metode pembayaran.

"UMKM bisa jadi mitra koperasi kemudian anggota koperasi bisa bayar pakai QR code Kopral. Kalau koperasi bicara pada umumnya beri pinjaman ke anggota, ada daya beli ke UMKM, jadi UMKM permintaan meningkat. Misal ada pengguna Kopral koperasi perusahaan di Jatim dia tiap Rp 100.000 gaji akan dimasukan ke platform Kopral yang bisa dibuat belanja dan makan di UMKM atau warung makan di sekitar perusahaan, jadi ada ekosistem," jelas Adi.

Fitur keunggulan Kopral kedua ialah E-Commerce. Hampir sama seperti kinerja fitur Paylater hanya saja fitur E-Commerce terintegrasi dengan marketplace.

Anggota koperasi cukup menyalin link produk atau virtual account pembayaran dari produk di marketplace yang ingin dibeli. Nantinya produk tersebut akan dibayar oleh koperasi dan anggota cukup mengangsurnya lewat platform Kopral.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×