kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.986.000   17.000   0,86%
  • USD/IDR 16.845   62,00   0,37%
  • IDX 6.678   64,31   0,97%
  • KOMPAS100 965   12,70   1,33%
  • LQ45 752   9,64   1,30%
  • ISSI 212   1,74   0,83%
  • IDX30 390   4,66   1,21%
  • IDXHIDIV20 469   4,65   1,00%
  • IDX80 109   1,41   1,30%
  • IDXV30 115   1,51   1,33%
  • IDXQ30 128   1,42   1,12%

PLN Ganti Meteran 1,2 Juta Pelanggan dengan Smart Meter AMI di 2023


Kamis, 14 Desember 2023 / 20:33 WIB
PLN Ganti Meteran 1,2 Juta Pelanggan dengan Smart Meter AMI di 2023
ILUSTRASI. PLN bakal ganti meteran listrik konvensional pelanggan menjadi smart meter berbasis AMI


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT PLN (Persero) bakal mengganti meteran listrik konvensional pelanggan menjadi smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI). Program ini sudah berjalan tahun ini.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, mengatakan bahwa PLN telah  telah melakukan penggantian meteran konvensional pada 1,2 juta pelanggan yang tersebar di 8 unit induk, yaitu Sumatera Utara, Banten, Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, serta Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat. 

“Program Penggantian ini akan terus dilakukan secara bertahap ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” kata Gregorius kepada Kontan.co.id, Kamis (14/12).

Smart meter AMI dilengkapi sistem komunikasi digital yang diklaim lebih canggih, akurat, dan berkualitas. Melalui penggunaan smart meter AMI, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual alias door to door oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital. 

Baca Juga: Ekspansi Bisnis PLN, Mendorong Ekosistem Startup

Dengan sistem ini para pelanggan bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik yang tengah berjalan melalui aplikasi PLN Mobile. Itulah sebabnya, teknologi meteran ini dipercaya lebih akurat serta privasi pelanggan akan lebih terjaga.

Gregorius bilang, penggunaan smart meter AMI juga membuat pola layanan juga lebih fleksibel karena pelanggan bebas memilih layanan pascabayar atau prabayar. 

“Selain itu, PLN dapat mempercepat recovery time apabila terjadi gangguan listrik dikarenakan dapat terdeteksi oleh sistem secara realtime,” tutur Gregorius.

Gregorius memastikan, PLN tidak memungut biaya atas penggantian meteran listrik pelanggan.

“PLN memastikan penggantiannya sendiri tidak dipungut biaya atau gratis,” tukas Gregorius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×