kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk impor membanjiri, Asia Pacific Fibers (POLY) masih yakin bisa capai target


Minggu, 19 Mei 2019 / 14:26 WIB
Produk impor membanjiri, Asia Pacific Fibers (POLY) masih yakin bisa capai target


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelemahan pasar domestik tekstil turut mengoreksi kinerja penjualan PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY). Kinerja POLY tercatat tutun 3,99% menjadi US$ 113,58 juta di kuartal-I 2019 dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Menanggapi hal tersebut, pihak manajemen POLY tetap optimistis dan tidak berencana merevisi target penjualan.

Prama Yudha Amdan, Head of Corporate Communications and PR POLY mengatakan, kontraksi dagang ini terjadi di seluruh pasar domestik akibat banjir impor. Akan tetapi POLY tetap yakin dengan kinerja perusahaan yang ditopang pasar ekspor dan sejumlah proyek strategis.

POLY diketahui tengah meningkatkan produksi barang bernilai tambah seperti serat dan benang anti api, otomotif dan sports wear. “Fokus kami kepada produk bernilai tambah dapat meminimalisasi dampak dari volatilitas pasar komoditas,” kata Yudha dalam keterangan resmi yang diperoleh Kontan.co.id, Minggu (19/5).

Dalam upaya meningkatkan daya saing di tengah dinamika pasar tekstil, POLY berupaya melakukan perluasan pasar ekspor sebagai destinasi produk khusus dan produk bernilai tambah. Upaya tersebut terlihat sejalan dengan kinerja ekspor kuartal-I 2019 POLY tercatat lebih tinggi dibanding dengan periode yang sama pada 2018.

Pasar ekspor ditargetkan dapat mengkompensasikan pelemahan yang terjadi di domestik dan utilisasi produksi juga terpantau masih di atas 80%-85%. “Melihat tiga faktor ini – produk khusus, perluasan ekspor, dan utilisasi produksi - kami optimis target 2019 tetap teracapai,” tambahnya.

Di samping itu, meski proses restrukturisasi utang berjaminan masih menjadi tantangan tersendiri, perseroan tetap melanjutkan kajian reaktivasi fasilitas produksi purified terepthalic acid (PTA). Reaktivasi fasilitas produk hulu POLY ini diharapkan dapat menyeimbangkan skenario supply-demand PTA nasional yang akan menjadi faktor pendorong perbaikan rantai industri hilir.

Perbaikan hulu ini diharapkan memberi efek domino perbaikan pasar hilir dimana upaya ini juga sejalan dengan langkah revitalisasi industri tekstil yang dicanangkan pemerintah. Pelemahan pasar domestik akibat produk impor melanda semua pelaku industri sehingga dibutuhkan sinergi antara pemangku kepentingan.

POLY sangat berharap pihak regulator dapat dapat menemukan langkah kongkret agar sinergi antar pelaku industri dapat segera tercipta dan pasar segera kembali pulih. Sebelumnya manajemen POLY mematok pendapatan bersih tahun ini sekitar US$ 506 juta atau tumbuh 5,42% dibandingkan tahun lalu US$ 480 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×