Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Adi Wikanto
Jakarta. Commerce Development Research Institute (CDRI) semakin gencar membawa beragam inovasi produk Taiwan ke Jakarta. Setelah menggelar pameran ‘Wow! Taiwan Select’ di Jakarta, CDRI kini terus berkoordinasi dengan mitra–mitra lokalnya demi menguatkan kolaborasi untuk memasarkan produk mereka di Indonesia.
"Sebagai rekanan dari Bureau of Foreign Trade, MOEA, Taiwan, kami membawa inovasi akan produk-produk Taiwan melalui merek-merek ternama kami untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” jelas Sharon Kuo, Project Manager, Marketing and Consumer Behavior Research Division, CDRI, Kamis (29/9).
Aneka produk tersebut terdiri dari perawatan tubuh dan kulit, kosmetik, busana olahraga, alat kesehatan bagi wanita, hingga food and beverage (F&B). Sharon mengaku optimistis masyarakat Indonesia akan menyambut beragam inovasi yang dihadirkan CDRI.
“Lihat industri kosmetik sebagai contoh. Menurut data statistik, rata – rata pertumbuhan ekspor produk kosmetik Taiwan selama lima tahun terakhir naik 17%. Pertumbuhan tersebut didukung oleh pengalaman kami selama bertahun-tahun, ditambah dengan fokus kami yang kini mengacu pada penelitian, pengembangan serta pemasaran,” ujar Sharon.
Ia mengharapkan, produk unggulan brand ternama Taiwan tersebut mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia. Dari 250 juta penduduk Indonesia, mayoritas berusia produktif dengan usia 35 tahun ke bawah. Dan 60% diantaranya bergaya hidup cenderung santai dan konsumtif ada di kota-kota besar.
Menurut Sharon, penelitian dan pengembangan merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan produk unggulan sesuai kebutuhan konsumen. Ia menyebut, merek Daedae Huhu sebagai produk serial masker wajah dari teh Taiwan. Masker wajah tersebut memberikan perawatan kulit dengan aroma daun teh alami, bukan aroma buatan atau bahan-bahan kimia.
Ia mengklaim, inovasi produk ini mendapat respon cukup positif dari konsumen di Indonesia. Terbukti, secara keseluruhan, penjualan produk kosmetik Taiwan di Indonesia meningkat 20% dan mencapai angka Rp 20,5 miliar.
“CDRI juga membawa teknologi AROPEC melalui beragam produknya. AROPEC berinovasi melalui pakaian olahraga yang fungsinya mempercepat peredaran darah dan penyaluran oksigen ke otot. Produk ini juga yang membuat produk olahraga semakin populer di Indonesia. Peningkatannya mencapai 9%,” ujar Sharon.
Selain itu, ada juga produk makanan dan minuman sehat serta bermanfaat bagi kecantikan kulit. Salah satunya adalah Yon Ho yang mengandung kacang kedelai dan air rendaman beras plus kacang, kaya akan protein dan isoflavon. Produk ini diklaim sangat baik untuk kelembutan kulit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News