Reporter: Aulia Fitri Herdiana | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak dipungkiri jaringan distribusi memainkan peranan penting dalam pemasaran. Makanya, PT Sariguna Primatirta Tbk yang merupakan produsen air mineral Cleo, tak berhenti menambah jaringan distribusi internal maupun eksternal.
Hingga akhir tahun tahun lalu, Sariguna Primatirta telah memiliki 72 distributor internal dan 42 distributor eksternal. "Kami akan menambah distribusi internal dan eksternal, masing-masing menjadi 100 dan 71 distributor," tutur Lukas Setio Wongso, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Sariguna Primatirta Tbk saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (16/5)
Sejalan dengan ekspansi jaringan, tahun ini Sariguna Primatirta menyiapkan pengoperasian pabrik baru di Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur dan Kendari di Sulawesi Tenggara. Sementara di Pandaan, Jawa Timur, perusahaan tersebut melanjutkan perluasan pabrik.
Penambahan produk baru juga menjadi agenda Sariguna Primatirta. April lalu misalnya, perusahaan berkode saham CLEO di Bursa Efek Indonesia tersebut merilis air mineral dalam kemasan 220 mililiter (ml).
Sepanjang kuartal I-2018 Sariguna Primatirta membukukan penjualan bersih sekitar Rp 162,59 miliar dan laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih sebesar Rp 12,56 miliar. Kalau dibandingkan periode yang sama tahun lalu, masing-masing kinerja tumbuh 16,99% dan 44,53%.
Penjualan Sariguna Primatirta terbesar berupa air mineral galon sebesar Rp 63,04 miliar. Sisanya adalah penjualan air mineral botol dan gelas serta penjualan lain-lain.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News