kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Profil PT Musim Mas, Produsen SunCo yang Terjerat Kasus Izin Ekspor Minyak Goreng


Rabu, 20 April 2022 / 10:55 WIB
Profil PT Musim Mas, Produsen SunCo yang Terjerat Kasus Izin Ekspor Minyak Goreng
ILUSTRASI. Ilustrasi PT Musim Mas, produsen minyak goreng SunCo. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/tom.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menetapkan 4 tersangka dalam kasus tindakan melanggar hukum dalam pemberian Fasilitas Ekspor Minyak Goreng Tahun 2021-2022. 

Mereka adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI Indrasari Wisnu Wardhana, Parulian Tumanggor (PT) atau Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia dan Togar Sitanggang (TS) selaku General Manager bagian General Affairs PT Musim Mas, serta SMA yang merupakan Senior Manager Corporate Affairs Permata Hijau.

Dikutip Kontan.co.id (19/4/2022), Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan, tersangka Indrasari telah melakukan perbuatan melawan hukum yakni menerbitkan persetujuan ekspor terkait komoditi crude palm oil atau CPO dan produk turunannya kepada Permata Hijau Group Wilmar Nabati Indonesia, PT Multimas Nabati Asahan, dan PT Musim Mas. 

Padahal, perusahaan itu belum memenuhi syarat untuk diberikan izin persetujuan ekspor tersebut. Lantas, seperti apa profil Musim Mas? 

Baca Juga: Profil & Harta Dirjen Perdagangan LN, Tersangka Dugaan Suap Izin Ekspor Minyak Goreng

Profil Musim Mas 

Musim Mas adalah perusahaan asal Indonesia yang berkantor pusat di Singapura. 

Musim Mas memulai bisnisnya di Medan, Indonesia pada 1932 sebagai pabrik sabun Nam Cheong. Waktu itu, perseroan memproduksi dan mendistribusikan produk sabun ke pasar-pasar lokal dan internasional. 

Dirangkum dari laman resmi Musim Mas, pada 1970 kilang minyak sawit pertama diresmikan di Belawan, Indonesia. Selanjutnya, pada 1972 PT Musim Mas resmi didirikan di Tanjung Mulia, Indonesia untuk memproduksi sabun, gliserin, dan minyak goreng. 

Pada 1988, perkebunan pertama milik Musim Mas diresmikan di Rantau Prapat Indonesia. Hal ini menandai langkah pertama Musim Mas dalam pengelolaan perkebunan. 

Baca Juga: Skandal Izin Ekspor Sawit Seret Taipan Minyak Goreng




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×