kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek perumahan di kawasan industri semarak


Senin, 12 Maret 2018 / 11:15 WIB
Proyek perumahan di kawasan industri semarak


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengembangan proyek-proyek residensial di kawasan industri semakin marak. Matangnya kawasan dan banyaknya pabrik-pabrik yang beroperasi mendorong kenaikan kebutuhan akan hunian.

PT Grahabuana Cikarang merupakan salah satu pengembang yang sedang gencar melakukan pengembangan proyek properti di Kawasan Industri Jababeka. Tidak hanya hunian, perusahaan ini membangun kawasan yang terintegrasi dengan fasilitas komersial dan pusat ritel.

Jababeka Residensial merupakan proyek kawasan hunian dan komersial di Jababeka yang digarap Grahabuana. Rencananya, pengembang ini akan membangun Jababeka Golf City seluas 180 hektare (ha). Ini merupakan bagian dari Jababeka Residence.

Presiden Direktur PT Jababeka Residence Sutedja S. Darmono menjelaskan, setelah 30 tahun kawasan industri Jababeka berkembang, sudah lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara beroperasi di kawasan dengan total luas 5.600 ha. "Kami mulai fokus kembangkan kawasan residensial karena industrinya sudah matang sehingga timbul kebutuhan residensial. Banyak sekali ekspatriat, bos-bos, kelas general manager dan direksi yang tinggal di sini," sebutnya kepada KONTAN, Minggu (11/3).

Alhasil, prospek proyek hunian di Jababeka Redensial akan semakin besar. Selain dari perkembangan industri, pasar propertinya akan semakin meningkat sejalan dengan banyaknya pembangunan infrastruktur ke arah timur Jakarta. Kelak, di Jababeka akan dibangun stasiun mass rapid transit (MRT).

Saat ini, Jababeka Residence sedang fokus mengembangkan proyek apartemen sewa bertajuk Kawana Golf Residence. Ini merupakan tower pertama hasil kerjasama patungan dengan perusahaan asal Jepang, Creed Group untuk pengembangan area 3,7 ha di Jababeka Golf City.

Setelah peluncuran awal 9 Desember 2017, Jababeka Residensial telah berhasil menjual 95% dari total 234 unit Kawana Golf Residence kepada investor. Kini, Jababeka Residence akan membangun apartemen sewa untuk ekspatriat.

Proyek ini mulai dikerjakan pada Mei 2018 dan ditargetkan rampung dalam 24 bulan. Akhir Maret ini, Jababeka Residence juga siap merilis properti anyar bertajuk Sport City seluas 21 ha. Yang mencakup megaklaster perumahan, apartemen, sarana komersial, ruang terbuka hijau, sarana olahraga dan lain-lain. Tahap pertama akan dibangun dua kluster perumahan dengan 375 unit dan dipasarkan dengan harga Rp 500-an juta.

Pun dengan PT Puradelta Lestasri Tbk (DMAS) yang akan mengerjakan proyek residensial di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center (GIIC).

Hermawan Wijaya, Direktur Puradelta, menuturkan, dalam proyek residensial tersebut, Puradelta telah membentuk perusahaan patungan bersama Panahome untuk pengembangan 37 ha lahan di Kota Deltamas. "Pengembangan tahap awal proyek itu akan dimulai pada semester II-2018," ungkapnya.

Saat ini, Puradelta dan Panahome masih mematangkan masterplan pengembangan proyek itu. Rencana pengembangannya akan mencapai 1.000 unit hunian yang menyasar segmen menengah ke atas. "Tahap pertama akan kami kembangkan 13 hektare. Kami harapkan sudah bisa diluncurkan pada semester II mendatang," ujar Hermawan.

Adapun di Kawasan Industri MM2100, ada PT Sirius Surya Sentosa yang lagi menyeriusi rencana pembangunan proyek superblok Vasanta Innopark bernilai Rp 20 triliun. Proyek ini akan direalisasikan secara bertahap.

Pada tahap pertama, perusahaan bakal menyulap lahan 12 ha menjadi 17 tower , yang terdiri dari apartemen, service apartement, kondominium, mall, toko, kantor, dan hotel bintang empat.

Target pasar Vasanta Innopark adalah pekerja di Kawasan Industri MM2100. "Kami sudah melakukan studi, bahwa kawasan industri yang diisi 2.000-an bangunan pabrik dan ratusan karyawan di Cikarang membutuhkan hunian di sini," kata Sentosa Reggy Widjaya, Direktur Utama PT Sirius Surya Sentosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×