kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

PT INTI Siap Dukung Digitalisasi Jaringan Gas PGN


Minggu, 11 September 2022 / 13:02 WIB
PT INTI Siap Dukung Digitalisasi Jaringan Gas PGN
ILUSTRASI. Jaringan gas rumah tangga PGN. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI siap mendukung penugasan pemerintah pada PT Pertamina Gas Negara (PGN),


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  BANDUNG. PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI siap mendukung penugasan pemerintah pada PT Pertamina Gas Negara (PGN), terkait digitalisasi pengembangan infrastruktur jaringan gas di Indonesia. Dukungan digitalisasi infrastruktur itu akan direalisasikan melalui produksi Smart Meter Gas.

"Secara prinsip, kedua perusahaan telah menyepakati percepatan produksi, agar pada akhir Desember 2022 infrastruktur jaringan gas telah ter-digitalized,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, dalam keterangan resminya, Jumat (9/9).

Kesepakatan strategis tersebut dieksekusi setelah PT Pertamina Gas Negara dan PT PGAS Telekomunikasi Nusantara berkunjung langsung ke Fasilitas Produksi PT INTI (Persero) pada Kamis 08 September 2022, di Kota Bandung.

Dari komunikasi intens yang terjalin, PGN Group mendapatkan pandangan bahwa rekam jejak PT INTI dalam produksi Smart Meter Gas dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di atas 40% itu akan menjadi sebuah sinergi yang komprehensif.

Baca Juga: PGN Targetkan Penambahan Jargas 472.032 Sambungan Rumah Tangga di Jawa Barat

Terlebih, PT INTI juga memiliki fasilitas produksi Smart Meter Gas dengan kapasitas terpasang sebesar 4.000 unit per bulan, yang masih memberikan ruang eksplorasi untuk peningkatan kapasitas per bulannya.

Selain fasilitas produksi, tambahnya, PT INTI pun memiliki fasilitas kalibrasi untuk memastikan akurasi perangkat kalibrasi 12 unit Smart Meter Gas secara bersamaan untuk menjamin perangkat tersebut telah memenuhi standar internasional.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT Pertamina Gas Negara Achmad Muchtasyar mengutarakan, penugasan pemerintah ini membutuhkan sinergi yang komprehensif agar dapat rampung sesuai target sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri.

“Saat ini, kita masih terlalu banyak menggunakan produk buatan luar negeri. Sehingga kami berharap, kolaborasi ini akan memperkuat spirit untuk mendukung program pemerintah dalam hal pembenahan local content,” kata Achmad.

Perangkat Smart Meter Gas telah memenuhi standarisasi perangkat keras yang mengacu pada International Organization of Legal Metrology (OIML), standarisasi perangkat lunak berbasis Standard Transfer Spesification (STS), integrated tamper and electromagnetic interference protection, serta kapabilitas komunikasi data yang lengkap.

Untuk diketahui, pembangunan jaringan gas rumah tangga merupakan salah satu program prioritas nasional yang bertujuan untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi, penyediaan energi bersih dan murah serta program komplementer konversi minyak tanah ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) untuk percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi.

Saat ini, tercatat sebanyak 30.509 unit perangkat Smart Meter Gas produksi PT INTI  telah terpasang untuk mendukung jaringan gas rumah tangga di berbagai daerah sebagai berikut:

-Pekanbaru 3270 unit

-Mojokerto 5101 unit

-Muara Enim 4785 unit

-Bontang 8000 unit

-Pali 4853 unit

-Samarinda 4500 unit

Baca Juga: PGN dan Badak NGL Akan Garap LNG Bunkering Pertama di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×