kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramai revisi RKAB, Kementerian ESDM tetap kejar target produksi batubara di 2020


Minggu, 30 Agustus 2020 / 15:35 WIB
Ramai revisi RKAB, Kementerian ESDM tetap kejar target produksi batubara di 2020
ILUSTRASI. Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sabtu (13/6/2020). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi produksi batu bara hingga Mei 2020 mencapai 228 juta ton, at


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak perusahaan yang telah mengajukan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun 2020 untuk mengubah rencana produksi batubara. Kendati begitu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih bergeming dan tetap mengejar target produksi batubara di level 550 juta ton.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan, sejumlah perusahaan telah mengajukan perubahan produksi. Namun, perubahan itu bervariasi. Ada yang mengajukan pemangkasan produksi, sebagian lainnya justru meminta tambahan kuota produksi di tahun ini.

Baca Juga: Diproyeksi terus melonjak, IMEF: Perlu ada pengendalian produksi batubara nasional

Dengan pertimbangan itu, katanya, pemerintah masih tetap mematok produksi batubara nasional sebesar 550 juta ton sepanjang 2020. "Sedang kita bahas, ada yang (mengajukan) naik, ada yang turun. Jadi produksi nasional nggak berubah, 550 juta ton," kata Sujatmiko saat ditemui selepas menghadiri Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI beberapa hari lalu.

Sayangnya, dia masih enggan untuk membeberkan berapa perusahaan yang mengajukan kenaikan maupun penurunan produksi, dan berapa perubahan volume yang diajukannya. "Lagi kita hitung, kan mereka masih mengajukan," sebut Sujatmiko.

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menilai, target produksi 550 juta ton batubara bisa jadi bakal tercapai di tahun ini. Namun di sisi lain, dia mengingatkan bahwa harga komoditas semakin tertekan dan memberatkan sebagian produsen batubara.

Khususnya bagi perusahaan yang memproduksi batubara kalori 4.200 kcal/GAR yang harga jual Free on Board (FOB) sudah di bawah ongkos produksi. "Dengan index harga yang terus turun, secara kasar sebagian dari batubara yang diproduksi sudah di bawah ongkos produksi," ungkapnya saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (30/8).

Baca Juga: Proyeksi produksi batubara hingga 2024, terus naik dan akan tembus 628 juta ton

Bagi perusahaan yang sudah memiliki komitmen penjualan (long term), sambungnya, tetap akan memenuhi permintaan penjualan sesuai target.




TERBARU

[X]
×