kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diproyeksi terus melonjak, IMEF: Perlu ada pengendalian produksi batubara nasional


Minggu, 30 Agustus 2020 / 14:13 WIB
Diproyeksi terus melonjak, IMEF: Perlu ada pengendalian produksi batubara nasional
ILUSTRASI. Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan produksi batubara nasional hingga 2024 bakal terus melonjak, hingga menembus 628 juta ton dalam setahun.

Meroketnya produksi batubara nasional memang nyaris terjadi setiap tahun. Oleh sebab itu, Indonesian Mining and Energy Forum (IMEF) menilai pemerintah perlu mengendalikan produksi batubara agar bisa lepas dari kondisi kelebihan pasokan (oversupply) seperti yang terjadi saat ini.

Ketua IMEF Singgih Widagdo mengatakan, pengendalian produksi sangat diperlukan, khususnya untuk tahun ini dan di 2021. "Setelahnya ada arah bagaimana pengendalian produksi terus dilakukan agar tidak terjadi oversupply," kata Singgih kepada Kontan.co.id, Minggu (30/8).

Kata dia, pemerintah juga perlu menghitung kembali dampak covid-19 terhadap permintaan (demand) batubara, baik secara domestik maupun untuk pasar ekspor. Hal itu penting untuk memetakan pasar yang dapat menyerap batubara dari Indonesia.

Baca Juga: Jalani strategi akuisisi tambang, PLN pastikan tidak melupakan pengembangan EBT

Singgih memperkirakan, China dan India sebagai pasar utama ekspor batubara Indonesia akan mengerem impor batubaranya dalam lima tahun ke depan. Alasannya, kedua negara tersebut berpotensi untuk memaksimalkan penggunaan batubara dari dalam negerinya.

Pasar ekspor potensial datang dari Vietnam, Malaysia dan Filipina. Namun, kenaikan demand dari ketiga negara tersebut diprediksi tidak akan lebih tinggi dari naiknya jumlah produksi yang ingin dicapai oleh para pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP).

Memang, serapan batubara dari demand dalam negeri ditaksir bakal terus tumbuh, seiring dengan pemulihan ekonomi, kebutuhan listrik dan potensi demand dari industri semen dan smelter. Namun, pertumbuhan demand dalam negeri diprediksi masih belum signifikan.

"Mengingat besarnya IUP, justru penataan produksi atas jumlah PKP2B dan IUP OP yang jauh di atas kenaikan pertumbuhan demand, perlu menjadi perhatian Kementerian ESDM," sebut Singgih.

Tanpa adanya pengendalian produksi, sambung Singgih, perusahaan akan berjuang secara korporasi dalam mempertahankan performa finansialnya di tengah kondisi pasar yang oversupply dan harga batubara yang rendah. "Melakukan konsolidasi atas kontrol produksi atau membiarkan perusahaan berjuang hidup, menjadi pilihan ESDM," imbuhnya.

Baca Juga: Bayan Resources (BYAN) menebar dividen dari saldo laba 2019, ini jadwalnya




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×