kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Renuka Coalindo (SQMI) menanti rampungnya fasilitas baru pengolahan emas


Rabu, 09 Oktober 2019 / 20:23 WIB

Renuka Coalindo (SQMI) menanti rampungnya fasilitas baru pengolahan emas
ILUSTRASI. Pengolahan emas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI) masih akan mengembangkan bisnisnya. Saat ini, perusahaan yang memproduksi emas tersebut tengah menanti realisasi pembangunan fasilitas pengolahan emas di Ciemas, Jawa Barat.

Corporate Secretary Renuka Coalindo Mohammad Noor Syahriel menyampaikan, proses pembangunan fasilitas emas milik perusahaan sudah mencapai 95%. Diharapkan, fasilitas tersebut dapat beroperasi penuh pada kuartal pertama tahun 2020 mendatang. “Kemungkinan sekitar Februari-Maret bisa beroperasi,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (9/10).  

Fasilitas tersebut menggunakan metode flotation dan carbon in leach dengan kapasitas produksi sebanyak 500 ton ore per hari. Dalam setahun, kapasitas produksi yang bisa dihasilkan fasilitas tersebut mencapai kisaran 38.000 ons troi.

Baca Juga: Punya Saham Nyangkut di SQMI? Suspensinya Bisa Lebih Lama Lagi, Lho

Syahriel menyebut, pihaknya menggelontorkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar US$ 20 juta untuk pembangunan fasilitas pengolahan emas di Jawa Barat. Capex tersebut berasal dari kas internal Renuka Coalindo ditambah sebagian dari hasil rights issue yang pernah dilakukan perusahaan di awal tahun ini.

Sekadar informasi, perusahaan berkode saham SQMI ini melakukan rights issue senilai Rp 3,77 triliun pada awal Februari lalu. Bersamaan dengan itu, Wilton Resources Holding Pte. Ltd menjadi pembeli siaga dalam rights issue Renuka Coalindo.

Lantas, pasca rights issue, Wilton Resources Holding Pte menjadi pengendali saham baru Renuka Coalindo mengganti PT Renuka Energy Resources Holdings.

Lebih lanjut, realisasi penggunaan dana belanja modal tersebut sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik fasilitas yang sedang dibangun perusahaan.

Baca Juga: BEI belum akan membuka suspend saham Renuka Coalindo (SQMI)

“Karena proses pembangunannya sudah 95%, kira-kira realisasi capex kami juga ada di level tersebut,” imbuh dia.


Reporter: Dimas Andi
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×