kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Revisi UU Minerba harus dorong investasi dan cegah relaksasi


Rabu, 09 Mei 2018 / 13:42 WIB
Revisi UU Minerba harus dorong investasi dan cegah relaksasi
ILUSTRASI. Tambang Batubara PT Adaro


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi VII DPR menargetkan pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Mineral dan Batubara (Minerba) rampung pada pertengahan tahun ini. Saat ini, draf revisi UU Minerba masih digodok oleh Badan Legislatif (Baleg) DPR.

Pengamat Energi dan Pertambangan Eva A Djauhari berharap, revisi tersebut dapat mendorong pertumbuhan investasi, konsisten dan dapat diterapkan dalam jangka panjang. “Kita harap betul-betul bisa mendorong investasi dan dalam jangka panjang secara konsisten dapat diterapkan,” ujar Eva dalam keterangan resmi, Rabu (9/5).

Eva mengatakan, revisi tersebut harus mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang selama ini muncul dan mampu menjawab tantangan di masa mendatang. Jadi, UU Minerba harus bisa mengakomodir seluruh pemangku kepentingan termasuk industri (pelaku usaha), bangsa dan rakyat Indonesia. Untuk itu revisi ini tidak boleh hanya difokuskan kepada isu-isu tertentu saja yang rentan dijadikan komoditas politik.

Oleh karena itu, Eva meminta agar pembahasan revisi UU Minerba yang tengah berlangsung di Komisi terkait di DPR dilakukan dengan lebih komprehensif, terbuka dan mempertimbangkan aspek jangka panjang.

“Dalam jangka panjang, RUU ini harus mempertimbangkan perkembangan-perkembangan di masa depan. Diakomodir sejak saat ini di pasal-pasal, sehingga memberikan kepastian hukum dan kepastian berusaha dan menunjang iklim investasi jangka panjang,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VII Satya Widya Yudha mengatakan, proses RUU Minerba diperkirakan akan lebih cepat rampung, sebab pihaknya tengah melakukan komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan Baleg. Harapannya, proses ini tidak lagi menemui hambatan. Dia memperkirakan, pembahasan UU ini akan lebih cepat dari pembahasan revisi UU Minyak dan Gas Bumi (Migas). Pembahasan UU Migas lebih lambat karena masih perlu menyamakan pemahaman antara Komisi VI dan Komisi VII.

Dia menjelaskan draf revisi UU Minerba yang sedang dibahas menekankan soal aturan hilirisasi pertambangan mineral dan batubara. Selain itu, terdapat bab khusus yang membahas insentif bagi pelaku usaha tambang, yang dinilai penting agar pelaku usaha bersemangat dalam berinvestasi.

Dengan adanya revisi UU Minerba ini, Satya menilai tak akan membuat hilirisasi diberi relaksasi agar pertumbuhan industri hilir semakin baik. Sehingga Kementerian Perindustrian akan lebih mudah mengawasi dan menjalankan program hilirisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×