kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45842,15   3,62   0.43%
  • EMAS943.000 -0,53%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Riset Kantar Indonesia ungkap merek FMCG yang paling banyak dipilih Konsumen


Kamis, 17 Juni 2021 / 19:11 WIB
Riset Kantar Indonesia ungkap merek FMCG yang paling banyak dipilih Konsumen
ILUSTRASI. Warga belanja kebutuhan bulan Ramadhan di sebuah supermarket di Bogor, Rabu (14/04).

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kantar Indonesia, Worldpanel Division baru saja merilis publikasi teranyar terkait Brand Footprint Indonesia 2021. Brand Footprint adalah studi tahunan Kantar yang mengukur merek mana yang paling dipilih oleh konsumen. Brand Footprint meliputi lima sektor fast moving consumer goods (FMCG), yakni makanan, minuman, produk susu, perawatan rumah, dan perawatan tubuh. 

Peringkat Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% dari total rumah tangga baik di kota besar, kota kecil, dan daerah lainnya yang merepresentasikan 68 juta rumah tangga.

Venu Madhav, General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division mengungkapkan, tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak industri yang harus melewati jalan yang terjal untuk bertahan dan bertumbuh terlepas dari adanya tantangan pandemi. "Industri FMCG mampu melewati berbagai tantangan dengan cara menerapkan strategistrategi yang berfokus pada kebutuhan konsumen yang dinamis dan juga terus berkembang," dalam konfrensi pers Footprint 2021 secara virtual, Kamis (17/6).

Beberapa hasil dari Brand Footprint Indonesia 2021:

1. Lima kategori produk FMCG yang paling banyak dipilih konsumen, yakni mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen, dan penyedap rasa memiliki keterikatan tersendiri dengan konsumen di Indonesia.
Hal ini terlihat dari presentase jumlah konsumen yang membeli kategori-kategori tersebut setidaknya mencapai 95% atau dalam kata lain, 95 dari 100 rumah tangga di Indonesia pernah
membeli produk dari kategori tersebut.

2. Sektor makanan mendominasi 10 peringkat teratas dan juga mendominasi peringkat 10 besar merek-merek yang bertumbuh pesat pada tahun 2020. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan pandemi
yang membuat konsumen lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk memasak dan makan di rumah.

3. Indomie terus menjadi merek pilihan nomor satu bagi konsumen di Indonesia dan juga memegang posisi yang kuat di tingkat global, yakni di posisi ke-7 Global Brand Footprint 2021. Indomie menjadi pilihan bagi rumah tangga sebagai asupan makanan yang cepat dan rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan juga negara lain.

4. Merek-merek bumbu masak seperti Sasa, Masako, Royco, dan Bango menjadi pilihan teratas bagi konsumen Indonesia sepanjang tahun 2020 sebagai penunjang kegiatan memasak dari rumah
yang semakin populer di masa pandemi ini.

5. Terkait dengan hadirnya pandemi di tahun 2020, preferensi masyarakat di sektor perawatan rumah dan sektor perawatan tubuh menunjukkan tren yang positif bagi produk-produk yang menawarkan
perlindungan dari sisi kesehatan dan kebersihan.

6. Ekonomi merupakan salah satu merek perawatan rumah tangga yang tumbuh paling pesat di antara merek-merek yang berhasil menempati peringkat 20 besar. Ekonomi menawarkan perlindungan extra bagi keluarga dalam hal kebersihan dan juga mewarkan harga yang terjangkau.

7. Bermain di beberapa kategori juga merupakan salah satu strategi merek untuk memiliki kesadaran merek dan basis konsumen yang kuat. Beberapa merek seperti Lifebuoy (di posisi ke-8), Frisian
Flag (di posisi ke-9), and Indofood (di posisi ke-12) mengamankan posisi mereka dalam peringkat 20 besar dengan bermain di beberapa kategori di sektor masing-masing.

Adisti Bramanti, Commercial Director Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan merek-merek diurutkan berdasarkan Consumer Reach Point (CRP). 

CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu (penetrasi) dengan berapa kali merek tersebut dibeli (pilihan konsumen). 

Untuk meningkatkan CRP dalam keadaan yang fluktuatif di masa pandemi tentunya dibutuhkan strategi yang adaptif terhadap konsumennya, baik dari segi preferensi kegunaan dan manfaat produk, ketersediaan produk di tempat perbelanjaan.

Lalu kesesuaian harga dan ukuran kemasan, ekspansi produk ke kategori lainnya, dan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli merek Anda.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×