kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,64   -21,09   -2.28%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah anjlok, maskapai terbantu harga minyak


Jumat, 06 Maret 2015 / 10:59 WIB
Rupiah anjlok, maskapai terbantu harga minyak
Karyawan memotret layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Rupiah yang sudah menyentuh Rp 13.000 per dollar AS tidak membuat pebisnis penerbangan kebakaran jenggot. Rupanya, nilai rupiah yang semakin menciut tidak diikuti kenaikan harga avtur.

Agus Soedjono, Senior Manager Corporate Communication PT Sriwijaya Air bilang, kondisi pelemahan rupiah saat ini juga berbarengan dengan harga minyak dunia yang lagi turun. "Meski dollar AS menguat, tapi harga avtur tidak ikut-ikutan naik karena  harga minyak dunia lagi turun," katanya, Rabu (4/3).

Meski begitu, Sriwijaya Air  tidak tinggal diam. Maskapai ini sudah menyiapkan sederet rencana untuk menghadapi musim sepi penumpang selama rupiah letoi.

Tanpa merinci rencana yang dimaksud, Agus mengklaim sampai saat ini rata-rata tingkat okupansi maskapai Sriwijaya masih sebesar 85%.

Sedangkan bagi Arif Wibowo, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, posisi nilai tukar rupiah saat ini masih masuk dalam asumsi rencana kerja anggaran Garuda.  Namun, bila kondisi terus saja melemah, perusahaan plat merah ini sudah menyiapkan sejumlah jurus.

Misalnya melakukan cross currency swap, lindung nilai harga avtur di angka 25% dan meninjau ulang profil utang dollar AS. "Meski ada berbagai tekanan eksternal tapi kami tetap berusaha memaksimalkan pendapatan," tegasnya.

Garuda mengakui, periode Januari dan Februari 2015 lalu adalah masa-masa sepi penumpang. Namun ia yakin, Maret ini kondisi penumpang bakal kembali ramai.

Andy Adrian, Direktur Komersial PT Indonesia Air Asia menyebut rupiah yang melemah tidak terlalu membebani maskapai ini. Sebab harga minyak dunia juga tengah turun. Justru bisnis maskapai di awal tahun ini menunjukan hasil positif. "Di Februari kemarin tingkat keterisian bisa mencapai 75%," ujarnya

Ia mengakui, hasil bagus ini tidak terlepas dari upaya Air Asia yang ingin mengembalikan reputasi Air Asia di mata konsumen. Salah satunya dengan promosi potongan 20% untuk penerbangan internasional. Meskipun promo ini belum lama meluncur, penjualan tiket internasional meningkat 30% sampai 40% dari penjualan hari biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×