Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) akan terus melakukan terobosan untuk memenuhi kepentingan pelanggan di tengah perkembangan bisnis logistik yang semakin dinamis.
Dinamisnya bisnis logistik membuat pelaku usaha membutuhkan layanan pengiriman barang yang mampu memberikan kepastian dan efisiensi.
Apalagi di tengah sinyal pemulihan ekonomi yang terus menguat, volume pengiriman barang antar daerah dan antar pulau di sejumlah pelabuhan utama terus meningkat.
Pelindo I dan Pelindo III pada semester I 2021 mencatat arus peti kemas domestik sebanyak 1,97 juta Teus, meningkat double digit dibanding tahun 2020.
Lonjakan pengirim barang lewat laut ini menuntut perusahaan pelayaran melakukan terobosan agar yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan pelaku bisnis.
Baca Juga: Pelindo I: Arus peti kemas di Pelabuhan Kuala Tanjung meningkatan 2 kali lipat
“Angkutan laut masih akan menjadi sarana pengiriman barang yang paling kompetitif karena karakter Indonesia sebagai negara kepulauan. Itu sebabnya, SPIL terus melakukan sejumlah terobosan agar kepentingan pelanggan dan pelaku bisnis dapat terpenuhi,” jelas Kusuma Soetemo Direktur Komersial SPIL dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (8/9).
SPIL saat ini melayani lebih dari 38 pelabuhan tujuan, dengan armada kapal SPIL berkapasitas besar dan didukung sumber daya berpengalaman serta digitalisasi yang membuat proses pengiriman jauh lebih mudah dan cepat.
Sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk mendukung terciptanya kepastian pengiriman barang, SPIL berinisiatif merilis layanan baru yaitu Spil Prime. Konsumen yang menggunakan layanan ini, akan mendapatkan banyak keuntungan.
Seperti kepastian mendapat space kapal, kedatangan truk tepat waktu, jaminan kontainer siap pakai serta mendapatkan prioritas layanan di depo.
Layanan ini bisa menjadi alternatif bagi pelaku bisnis yang menginginkan kepastian dalam proses pengiriman barang secara efisien.
Selain memberikan jaminan pada beberapa fitur layanan, Spil Prime juga memberikan jaminan berupa money back guarantee dan penalti berupa potongan biaya jika SPIL tidak dapat memenuhi komitmen dari apa yang dijanjikan.
Baca Juga: Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) gandeng Go-Pay untuk program rewarding
Sejak diperkenalkan kepada konsumen di awal Juli 2021, kata Kusuma, layanan Spil Prime mendapatkan respon yang positif dari pelaku bisnis. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh makin tingginya volume pengiriman barang.
Digitalisasi ekonomi dan berkembangnya bisnis e-commerce terus memicu terjadinya kenaikan volume pengiriman barang melalui laut. Selain itu komoditas seperti bahan pokok dan bahan baku industri masih memegang peran utama dalam bisnis kargo domestik.
“Kami gembira melihat animo pelanggan-pelanggan kami sangat tinggi untuk menggunakan layanan SPIL PRIME. Harapan kami, terobosan yang akan terus dilakukan SPIL akan mendukung terciptanya kepastian bisnis dan efisiensi di sektor logistik Indonesia, khususnya melalui angkutan laut,” kata Kusuma.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News