kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Arus Mudik Lebaran, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang


Minggu, 17 April 2022 / 11:28 WIB
Sambut Arus Mudik Lebaran, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang
ILUSTRASI. Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Pelonggaran aturan mudik lebaran dan berpergian yang diberikan pemerintah sebagai dampak dari menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia diprediksi akan memicu peningkatan arus pemudik pada mudik lebaran 2022. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 pun mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, khususnya lewat jalur laut.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut di antaranya meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing-masing pelabuhan. Misalnya, penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi calon pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap di antaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in, hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Baca Juga: Waspadalah! Jumlah Pemudik Kali Ini Diprediksi 145% dari Sebelum Pandemi

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyampaikan, sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2022 ini. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2022 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, musala, hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini,” jelas Ardhy dalam siaran pers yang diterima Kontan, Minggu (17/4).

Ardhy menambahkan, pasca dilonggarkannya aturan berpergian oleh pemerintah, Pelindo Regional 3 juga mengimbau kepada seluruh pihak khususnya calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan, khususnya di terminal penumpang agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

“Kami mengimbau kepada seluruh pemudik untuk terus mematuhi protokol kesehatan selama perjalan khususnya berada di terminal penumpang kami. Selain itu, petugas kami akan terus kami siagakan untuk meningkatkan protokol kesehatan selama di terminal,” kata Ardhy.

Sebelumnya, arus mudik lebaran baik melalui darat, udara, maupun laut diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah penumpang pasca dilonggarkannya aturan mudik lebaran oleh pemerintah.

Baca Juga: Menteri PAN-RB: THR Lebaran Bisa Dijadikan Dana Tambahan untuk Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×