kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut mudik Lebaran, APM mobil berlomba tingkatkan layanan purna jual


Rabu, 29 Mei 2019 / 16:03 WIB
Sambut mudik Lebaran, APM mobil berlomba tingkatkan layanan purna jual


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menggenjot penjualan unit mobil, para Agen Pemegang Merek (APM) juga berlomba-lomba meningkatkan layanan jelang mudik lebaran tahun ini. Untuk itu para pelaku usaha otomotif itu menyiapkan beberapa fasilitas layanan purna jual di beberapa area.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM)Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, untuk menghadapi mudik, setiap tahun TAM menyiapkan jaringan layanan untuk support para pemudik.

"Tahun ini paling tidak ada 316 Titik Pelayan mudik yang kami siapkan dari tanggal 29 Mei hingga 11 Juni," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (29/5).

Dari 316 titik itu, ada 21 Posko Siaga, 11 Bengkel 24 Jam dan 284 bengkel siaga di jalur mudik. Khusus untuk Posko Siaga ini, Toyota siapkan juga di jalur balik 3 titik sehingga tidak hanya melayani mudik tapi juga arus balik.

Untuk arus informasi, tahun ini selain menggunakan aplikasi Toyota Teman Mudik, sudah ada layanan berbasih chat juga yaitu TARRA yang akan bisa membantu memberikan informasi soal Toyota di aplikasi Line, facebook messenger dan sekarang di Whatsapp.

"Intinya mungkin bukan menarik minat konsumen di hari lebaran, kami akan coba support para konsumen ini selama mereka sedang di kampung halaman hingga kembali ke kota masing masing," ungkap Fransiscus.

Sementara, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merespons keramaian mudik lebaran dengan menggelar program “Ketupat Mudik Ramadan 2019” yakni menyiapkan ratusan mobil towing untuk membantu pelanggan saat mengalami permasalahan di jalan raya. Program khusus untuk pelanggan Suzuki ini berlangsung dari tanggal 1 Mei hingga 10 Juli 2019.

"Kami telah menambah armada towing dan menyiapkan Posko dan Bengkel Siaga untuk menemani para pelanggan baik saat mudik maupun balik. Layanan-layanan tersebut bisa pelanggan manfaatkan agar perjalanan terasa lebih aman dan nyaman,” ujar Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 4W, 2W & Marine PT SIS kepada Kontan.co.id, Rabu (29/5).

Jumlah armada mobil towing yang disiapkan tahun ini sebanyak 162 unit yang tersebar dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat. Dari jumlah tersebut, 141 unit diperuntukkan bagi kendaraan roda empat dan 21 unit lainnya disiapkan untuk kendaraan roda dua.

Selain armada towing, PT SIS juga menyiapkan Posko Siaga Mudik (29 Mei–4 Juni 2019) dan Bengkel Siaga Mudik (30 Mei–6 Juni 2019). Posko Siaga Mudik terletak di Rest Area KM 102 Tol Cipali–Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman, Cikampek–Jawa Barat, dan Jl. Raya Denpasar–Gilimanuk, Jembrana–Bali. Posko-posko tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tunggu, musala, ruang hiburan, tersedia makanan ringan dan takjil untuk berbuka puasa. Sedangkan dua posko di Jawa Barat tersedia fasilitas pemeriksaan kesehatan yang disponsori oleh BNI Life.

Untuk Bengkel Siaga Mudik sendiri terdapat di 12 propinsi mulai dari Sumatera, Jawa dan Bali. Bengkel Siaga Mudik terdiri dari 30 bengkel mobil dan 15 bengkel motor. Program tahunan yang mengambil tagline “Ketupat Mudik Ramadan 2019” ini pun masih memberikan keuntungan lainnya. Pelanggan bisa memanfaatkan layanan perbaikan Suzuki berupa pemeriksaan gratis 23 item kendaraan dengan datang langsung ke diler baik sebelum atau sesudah mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×