Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut potensi pertumbuhan UMKM, SiCepat Ekspres, perusahaan ekspedisi nasional menyatakan pihaknya siap menghadirkan layanan pengiriman paket lintas negara dengan harga terjangkau.
Chief Marketing & Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati mengatakan, keputusan tersebut ditempuh karena SiCepat optimistis melihat dampak positif inovasi pembayaran digital di ASEAN bagi pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.
“Seiring dengan diluncurkannya sistem pembayaran digital di lima negara ASEAN, maka volume pengiriman barang antar negara-negara tersebut berpotensi untuk meningkat. SiCepat Ekspres berkomitmen untuk menjadi mitra layanan pengiriman bagi jutaan pelaku UMKM di Indonesia,” ujar Wiwin dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Rabu (16/11).
Baca Juga: Hadapi Peningkatan Pengiriman, SiCepat Tambah 4 Mesin Sortir di 4 Daerah Tersibuk
Penilaian ini disampaikan oleh SiCepat selaras dengan peluncuran sistem pembayaran digital terintegrasi jelang KTT G20 yang dilakukan oleh lima negara yang tergabung dalam ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina dan Malaysia.
Sebagai informasi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga pernah mengatakan bahwa peluncuran sistem pembayaran digital untuk tingkat retail akan mempermudah transaksi antar-negara ASEAN dan mendorong transaksi di lingkup UMKM. Melalui kebijakan tersebut, pembayaran di lima negara bisa lebih cepat dan murah dan menguntungkan sebab jumlah pelaku UMKM di Tanah Air mencapai 65,5 juta.
"Ditambah lagi, pelaku usaha level menengah bawah ini didominasi anak muda dan perempuan sehingga membuat ekonomi lebih inklusif," sambung Perry.
Lebih lanjut, dengan alasan tersebut, SiCepat melayani kebutuhan pengiriman internasional, baik dokumen maupun paket dengan menghadirkan layanan SiCepat GO. Layanan ini sudah menjangkau semua negara-negara di Asia, termasuk lima negara ASEAN yang kini memiliki sistem pembayaran digital terintegrasi.
Wiwin mengatakan, SiCepat GO tersedia untuk pengiriman dari kota asal seperti, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar/Ujung Pandang.
SiCepat juga memiliki produk SCBD (SiCepat Cross Border) yang menyediakan tiga layanan, yaitu Procurement, Buy & Ship, dan International Shipping. Layanan ini merupakan solusi bagi seller UMKM yang ingin melakukan pencarian, pemesanan, pembelian dan pengiriman bahan baku berkualitas dari luar negeri.
Baca Juga: Inisiasi Bisnis Hijau, SiCepat Ekspres Uji Coba Motor Listrik
Wiwin menilai pentingnya sosialisasi mengenai kebijakan di lima negara ASEAN ini ke masyarakat Indonesia secara luas agar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan meluas.
“Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana sosialisasi pembayaran digital ini bisa dipahami oleh seluruh masyarakat dari sisi kemudahan dan keamanannya, karena SiCepat berada di tengah ekosistem tersebut,” kata Wiwin.
Wiwin menguraikan, sejalan dengan tagline ‘Ketika Semua Jadi Mudah’, layanan-layanan SiCepat Ekspres dihadirkan untuk memudahkan pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia dalam mengirim barang.
"Dengan kesiapan infrastruktur, inovasi teknologi, dan sistem manajemen mutu tersertifikasi, SiCepat siap mendukung pertumbuhan ekonomi regional dengan layanan ekspedisi berkualitas dan harga yang terjangkau," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News