kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445 H Resmi Ditutup


Rabu, 24 April 2024 / 11:39 WIB
Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445 H Resmi Ditutup
ILUSTRASI. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) secara resmi menutup Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445H . ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) secara resmi menutup Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445H yang mengawal pelayanan operasional jalan tol pada periode arus mudik dan balik kepada masyarakat untuk mewujudkan mudik ceria penuh makna.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan apresiasiasinya kepada Tim Satgas Jasa Marga Siaga dalam memberikan upaya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan kepada para pengguna jalan yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Terima kasih kepada Satgas Jasa Marga Siaga yang telah bekerja dengan sangat baik. Walaupun masih ada sejumlah hal yang harus kita terus perbaiki ke depannya, Alhamdulillah kita mendapat apresiasi positif atas kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kepolisian Republik Indonesia, TNI, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN serta stakeholder terkait lainnya sehingga Mudik Ceria Penuh Makna yang menjadi tagline dari pelayanan Lebaran 2024 ini dapat diwujudkan dengan baik," kata Subakti, Rabu (24/4). 

Baca Juga: Lebaran, Emiten Jalan Tol Panen Berkah

Subakti menambahkan, melihat jumlah pemudik yag terus meningkat setiap tahunnya, Jasa Marga tidak hanya melakukan evaluasi pada penyelenggaraan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445H yang baru saja dilalui, namun sekaligus juga menjalankan sejumlah program sebagai bentuk kesiapan pelayanan di tahun mendatang. Program tersebut di antaranya yaitu penambahan kapasitas gerbang tol dan jalan tol, pengembangan teknologi digital operasional jalan tol hingga memastikan kesiapan personil dan armada.

"Kami mencatat total keseluruhan lalu lintas yang mudik dan balik di tahun ini meningkat sekitar 45-46% terhadap lalu lintas normal. Dengan adanya penambahan jumlah pemudik ini, Jasa Marga tetap harus menjaga kinerja lalu lintas tetap sesuai dengan indikator yang disepakati oleh para stakeholder. Kami mencatat kecepatan di jalan tol berdasarkan data dari Google yang terintegrasi dengan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID). Di tahun ini, rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta s.d Jawa Tengah (Cawang s.d Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik.

Jasa Marga mencatat kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang s.d Semarang pada puncak arus mudik adalah sebesar 68 km/jam, meningkat 11% jika dibandingkan tahun lalu. Untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5% dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang s.d Cawang pada puncak arus balik adalah sebesar 79 km/jam, meningkat 2% jika dibandingkan tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit atau lebih cepat 5% dibandingkan tahun lalu," ucap Subakti.

Kesuksesan Jasa Marga dalam mengawal arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H tak lepas dari beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga seperti, memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat seperti cuaca ekstrem, mengendalikan flow dan kepadatan di rest area, membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran, memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini dengan memanfaatkan platform Jasamarga Integrated Digitalmap dan aplikasi Travoy.

Jasa Marga akan terus menyiapkan strategi operasional dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol milik Jasa Marga Group sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi selama arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri periode mendatang termasuk meningkatkan kualitas layanan operasional dengan memperhatikan semua sisi fasilitas guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengendara.

 

Jasa Marga juga turut memberikan Apresiasi Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445H untuk para Roadster (sebutan Karyawan Jasa Marga) Jasa Marga Group yang telah memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat melalui tujuh kategori nominasi:

- Best Support Kategori Layanan Transaksi Terinovatif diberikan kepada PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Area Semarang-Batang

- Best Support Kategori Layanan Lalu Lintas Terinovatif diberikan kepada PT JMTO Area Jakarta-Cikampek

- Best Support Kategori Layanan Preservasi Terinovatif diberikan kepada PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) Area Jakarta-Cikampek

- Best Support Kategori Layanan Rest Area Terinovatif diberikan kepada PT Jasa Marga Related Business (JMRB) Wilayah III (Rest Area KM 379A dan 389B)

- Best Support Kategori Komunikasi Publik diberikan kepada Unit Corporate Secretary PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT)

- Best Support Kategori Kolaboratif Layanan Sejiwa Berkarya diberikan kepada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB)

- Best Support Kategori Adaptif Layanan Sejiwa Berkarya diberikan kepada PT Jasa Marga Jogjasolo (JMJ).

Sementara itu di tempat terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah resmi menutup Pos Koordinasi (Posko) Pusat Terpadu Angkutan Lebaran 2024, termasuk booth Pos Pantau Satgas Jasa Marga Siaga, yang berada di Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Jakarta, Jumat (19/04).

Hadir mewakili manajemen Jasa Marga yang mengikuti penutupan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 bersama Menhub dan jajaran Direksi BUMN Sektor Transportasi, yakni Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti yang didampingi oleh Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita.

Selanjutnya: 3 Film Baru yang Tayang di Bioskop, Rabu (24/4)

Menarik Dibaca: Cek Yuk, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×