kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama libur panjang Natal dan Tahun Baru, trafik XL Axiata (EXCL) naik 14%


Jumat, 03 Januari 2020 / 16:14 WIB
Selama libur panjang Natal dan Tahun Baru, trafik XL Axiata (EXCL) naik 14%
ILUSTRASI. Operator memantau lalu lintas telekomunikasi dan data di pusat pemantauan kualitas jaringan layanan XL Axiata atau Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) di kantor pusat XL Axiata Jakarta, Selasa (10/12). XL Axiata memastikan jaringan t


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) berhasil melalui masa liburan panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan performa jaringan yang baik. XL Axiata mencatat kenaikan trafik rata-rata 14% dan tertinggi 77% pada malam tahun baru.

Pada waktu yang sama, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38%.

Baca Juga: Potensi Lonjakan Trafik Data di Malam Tahun Baru

Layanan data berbasis Games 25% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16% dan Web Browsing 12%.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bagi manajemen, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik tersebut dengan performa jaringan yang baik dan lancar.

Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

"Semua ini hasil dari upaya kami secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sesuai prediksi kami area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (3/1)

Baca Juga: Ini prospek saham yang dimiliki Jiwasraya

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%.

Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%.

Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.

Baca Juga: Jual saham data center, XL Axiata (EXCL) peroleh dana modal kerja

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%.

Baca Juga: Jaringan telekomunikasi di Jabodetabek terganggu banjir, ini penjelasan Kominfo

Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×