kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Baturaja fasilitasi pembiayaan distributor


Kamis, 15 Juni 2017 / 23:25 WIB
Semen Baturaja fasilitasi pembiayaan distributor


Sumber: Antara | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk memfasilitasi pembiayaan untuk distributor dan supplier melalui kerja sama dengan empat BUMN, yakni BNI, Bank Mandiri, BRI serta penjaminan distribusi semen melalui Jamkrindo.

Dalam penandatanganan kerja sama di Kantor Kementerian BUMN, Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi, mengatakan fasilitas pembiayaan distributor ini dilakukan melalui program Distributor Financing.

"Ini merupakan bagian dari sinergi BUMN dalam meningkatkan kapasitas perusahaan untuk berkembang maju. Distributor financing juga akan memperkuat kapasitas keuangan distributor kita agar mereka bisa jualan lebih banyak" kata Rahmad di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (15/6).

Adapun program Distributor Financing merupakan fasilitas yang diberikan bank untuk memberikan kemudahan bagi distributor Semen Baturaja dalam melakukan penebusan semen dengan tenor dan tingkat bunga yang kompetitif.

Selain itu, kerja sama juga meliputi penjaminan distribusi semen oleh Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) jika terjadi gagal bayar oleh distributor pada saat faktur jatuh tempo.

Jangka waktu penjaminan yang berlaku adalah 30-90 hari dengan premi asuransi 1,65%. Sementara itu, rasio penutupan atau coverage ratio yang berlaku sebesar 90% dari total tagihan.

Dalam hal pembiayaan pemasok atau "supply chain financing", Semen Baturaja bekerja sama dengan BNI, Bank Mandiri dan BRI.

"Program pembiayaan pemasok ini diharapkan dapat meningkatkan perputaran arus kas sehingga permodalan pemasok Semen Baturaja menjadi lebih kuat," kata Rahmad.

Selanjutnya, Semen Baturaja menargetkan peningkatan volume penjualan semen seiring dengan beroperasinya Pabrik Baturaja II yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,85 juta ton semen per tahun.

Kapasitas produksi semen Perseroan saat ini telah mencapai 3,85 juta ton semen per tahun sehingga diharapkan dengan sinergi BUMN melalui program kerja sama pembiayaan ini dapat mendukung ekspansi pasar yang dilakukan perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×