kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Indonesia (SIG) Ekspansi ke IKN, Akuisisi 20,95 Saham Karya Logistik Nusantara


Jumat, 28 Juni 2024 / 15:58 WIB
Semen Indonesia (SIG) Ekspansi ke IKN, Akuisisi 20,95 Saham Karya Logistik Nusantara
Direktur Utama SIG, Donny Arsal (empat dari kanan) dan Direktur Utama KLN, Fery Hendriyanto (kelima dari kanan) bersama para pemegang saham KLN menandatangani Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Antar Pemegang Saham KLN di Habitare Apart Hotel Rasuna, Jakarta, pada Kamis (27/06/2024).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan ekspansi bisnis di Ibu Kota Negara (IKN) dengan mengakuisisi 20,9% saham PT Karya Logistik Nusantara (KLN). Ekspansi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan semen dan bahan baku konstruksi lainnya yang sangat tinggi di IKN.

SIG menyertakan modal sebesar Rp 22,5 miliar ke KLN melalui skema right issue. Dengan kepemilikan saham ini, SIG memperkuat posisinya dalam memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan untuk proyek pembangunan di IKN. 

Pembangunan IKN yang mendukung konstruksi ramah lingkungan menjadi peluang bagi SIG untuk menerapkan portofolio produk rendah karbon.

Baca Juga: SBI Pabrik Narogong Salurkan 27 Hewan Kurban, Berbagi Berkah Idul Adha 1445 H

Penandatanganan Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Antar Pemegang Saham KLN dilakukan oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal, dan Direktur Utama KLN, Fery Hendriyanto, bersama enam pemegang saham KLN lainnya pada Kamis (27/06/2024) di Jakarta. 

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Budi Harto, menyambut baik bergabungnya SIG yang diharapkan dapat memperkuat kapabilitas KLN dalam pembangunan di IKN.

Sementara itu, Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, partisipasi SIG dalam right issue ini adalah tindak lanjut dari upaya membangun ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis yang berkelanjutan. 

Melalui kepemilikan saham di KLN, SIG memperkuat posisi untuk memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan dalam pembangunan IKN. 

”Ini adalah wujud komitmen kuat SIG untuk mendorong perwujudan konstruksi berkelanjutan melalui aplikasi produk dan solusi ramah lingkungan, seperti konsep yang diusung Pemerintah dalam pembangunan IKN yang akan menjadi percontohan kota berkelanjutan di Indonesia”, tutur Donny dalam siaran pers, Jumat (28/6).

Baca Juga: SBI Pabrik Narogong Salurkan 27 Hewan Kurban, Berbagi Berkah Idul Adha 1445 H

Ia melanjutkan, SIG memiliki produk bahan bangunan ramah lingkungan dan solusi-solusi inovatif yang sesuai untuk membangun konstruksi yang berdaya tahan dan rendah emisi karbon.

Donny menegaskan bahwa partisipasi SIG ini adalah upaya membangun ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis berkelanjutan. “Melalui kepemilikan saham di KLN, SIG memperkuat posisinya dalam memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan dalam pembangunan IKN,” kata Donny Arsal.

Sebelumnya, SIG juga telah menjalin kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) dalam penyediaan solusi bahan bangunan termasuk green cement. 

Donny menambahkan bahwa SIG akan terus berkolaborasi dengan stakeholder utama pembangunan IKN untuk mendorong penggunaan produk dan solusi bahan bangunan rendah karbon, serta mengoptimalkan jaringan produksi dan distribusi SIG yang ekstensif di seluruh Indonesia.

Selanjutnya: Generali Jalin Kerja Sama dengan DUITIN, Ajak Masyarakat Bijak Kelola Sampah

Menarik Dibaca: 6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor Lo Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×