Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Sejumlah kalangan memang memprediksikan imbas krisis akan menggerus pasar penjualan sepeda motor. Namun apa yang dialami Suzuki sungguh mengejutkan. Selama semester I lalu, tingkat penjualan motor Suzuki terjun bebas sebesar 51,12%. Sementara Honda menunjukkan penurunan penjualan motor sebesar 17,09% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
"Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya koreksi tersebut," Edy Darmawan Manager Marketing-Promotion & Dealer Development Suzuki kepada KONTAN (15/7).
Edy menjelaskan, faktor krisis keuangan global memang menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Apalagi, 90% pembelian motor Suzuki memanfaatkan jasa leasing untuk kredit kepemilikan motor. "Padahal bunga sedang sangat tinggi," imbuh Edy. Akibatnya, jumlah permintaan pasar pun menurun drastis. Menurutnya, hal tersebut sudah terasa sejak akhir tahun lalu dan terus berlanjut memasuki tahun 2009.
Namun Edy tidak menampik bahwa hal tersebut tentu juga dirasakan pabrikan motor lain, termasuk saingan terdekatnya yakni Honda dan Yamaha. Namun kedua vendor motor ini tidak menunjukkan keterpurukan sebesar Suzuki. Bahkan Yamaha masih berhasil membukukan persentase pertumbuhan 4,12% dibanding penjualan semester I tahun lalu.
Karena itu, Suzuki berniat melakukan evaluasi terhadap beberapa poin penting bisnisnya. "Kami akan melakukan beberapa perubahan fokus bisnis dan mengevaluasi beberapa strategi yang sebelumnya telah kami jalankan," ujarnya.
Salah satunya, dengan memfokuskan pada pasar skuter otomatik (skutik). Hingga saat ini, Suzuki sudah memiliki tiga varian skutik. "Selain Sky Wave dan Spin, demand Sky Drive tampaknya paling menjanjikan. Ini adalah future market yang akan kami garap lebih serius," tandas Edy.
Pergeseran minat pasar dari motor kelas middle ke varian skutik ini juga diamini oleh Honda. "Pasar kini cenderung memilih motor yang mudah dikendarai dan mendukung lifestyle," ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor.
Hingga akhir Juni 2009, market share tertinggi penjualan sepeda motor masih digenggam Honda dengan total angka penjualan 1.165.454 unit, disusul Yamaha dengan angka 1.154.241 unit. Sedangkan Suzuki, kendati berada di peringkat ketiga namun tertinggal jauh dengan hanya membukukan total angka penjualan 198.116 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News