kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Bangun Sarana Air Bersih dan Renovasi Fasilitas Pendidikan di Sumbar


Selasa, 08 Agustus 2023 / 13:33 WIB
Hutama Karya Bangun Sarana Air Bersih dan Renovasi Fasilitas Pendidikan di Sumbar
ILUSTRASI. Hutama Karya membangun sarana air bersih (Sumur Bor) dan merenovasi sejumlah fasilitas pendidikan di Sumatra Barat.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HK Peduli Lingkungan dan Pendidikan membangun sarana air bersih (Sumur Bor) dan merenovasi sejumlah fasilitas pendidikan di Sumatra Barat untuk mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan Hutama Karya menyiapkan dana sejumlah 250 juta untuk pengadaan sarana air bersih, serta renovasi ruang kelas dan panti asuhan Yayasan Tunas Bangsa.

"Kami mendukung pembangunan sarana air bersih mulai dari penggalian sumur bor, pembangunan menara air, dan pembuatan jaringan utama yang dilakukan oleh Kelompok Air Bersih Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat menjelang musim kemarau, sekaligus menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat," kata Tjahjo dalam siaran pers, Selasa (8/8).

Baca Juga: Hutama Karya Garap Proyek Jalan di Tulungagung Senilai Rp 201,63 Miliar

Tjahjo menambahkan kehadiran sarana air bersih ini akan memenuhi kebutuhan air bersih bagi 20 Rumah dengan total 40 Kepala Keluarga. Sementara di Yayasan Tunas Bangsa Kota Solok, terdapat sebanyak 2 ruang kelas TPQ, 1 ruang makan, 5 ruang tidur anak, dan akses parkir yang direnovasi oleh Hutama Karya. Renovasi ditargetkan rampung pada November 2023.

"Harapannya proses renovasi ini akan mempermudah proses belajar-mengajar bagi 30 Yatim-Piatu, 10 Anak terlantar dan 10 Anak Pra-sejahtera yang saat ini diasuh dan dibina langsung oleh pengurus yayasan," tutur dia.

Tjahjo menuturkan, kedua lokasi ini dipilih karena lokasi tersebut masih termasuk Ring 2 wilayah yang berdekatan dengan operasional dan pembangunan jalan tol Hutama Karya ruas Pekanbaru – Padang, seksi Padang – Sicincin.

Sebagai catatan, selama tahun 2023 ini TJSL Hutama Karya telah menyalurkan beberapa bantuan program TJSL di wilayah Sumatra, semisalnya pada bidang Pendidikan Hutama Karya telah menyalurkan dana senilai 1,3 Miliar.

Sedangkan pada program penyediaan Sarana Air Bersih, Hutama Karya juga telah membangun Sarana Air Bersih (HK Smart Water) di Desa Buyut Utara - Lampung Tengah untuk memenuhi kebutuhan air bersih layak konsumsi bagi 3.851 jiwa dan 996 Kepala Keluarga Seluruh bantuan tersebut, akan terus berkelanjutan di beberapa wilayah Sumatra lainnya hingga akhir tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×