Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peta jaringan jalan tol di Indonesia akan segera diguncang oleh kehadiran mega proyek yang digadang-gadang menjadi pemegang rekor baru terpanjang di Indonesia, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).
Setelah melalui proses lelang yang berulang dan evaluasi mendalam, proyek ini telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) 2025.
"Targetnya sih kalau bisa 2026 ya 2026," kata Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo dalam kunjungannya ke Bandung, Jawa Barat, Rabu (04/11/2025).
Meskipun konstruksi direncanakan baru dimulai pada tahun 2026, Tol Getaci telah menarik perhatian investor dan publik karena ambisinya yang monumental dan kompleksitas teknisnya.
Baca Juga: Tiga Jalan Tol di Luar Jawa dan Sumatera Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN)
Tol Getaci membentang dari Bandung, Jawa Barat, hingga Cilacap, Jawa Tengah. Dengan panjang total 206,65 kilometer, Getaci akan menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini memegang rekor sebagai tol terpanjang di Indonesia (189 km).
- Jawa Barat: Melintasi sepanjang 171,40 km, termasuk wilayah Priangan Timur.
- Jawa Tengah: Mencakup 35,25 km hingga mencapai Cilacap.
Proyek ini sangat vital karena akan mempersingkat waktu tempuh yang ekstrem dari Jakarta/Bandung menuju kawasan Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis) dan Jawa Tengah bagian selatan, membuka simpul ekonomi dan pariwisata yang selama ini terisolasi.
Rute Ekstrem dan Desain Hybrid
Keunikan dan kompleksitas Tol Getaci terletak pada rutenya yang dijuluki "paling ekstrem" di Nusantara.
Ruas ini melintasi sebagian besar wilayah Priangan Timur yang memiliki topografi yang sangat menantang: pegunungan, lembah yang dalam, dan zona rawan pergerakan tanah yang kompleks.
Baca Juga: Tol Kataraja Seksi 1 Dibuka Fungsional, Gratis hingga 20 Oktober 2025
Untuk menaklukkan kontur wilayah yang ekstrem tersebut, perencana Tol Getaci dipaksa menggunakan desain konstruksi hybrid yang kompleks dan mahal, melibatkan tiga struktur utama.
Berikut rinciannya:
- Struktur Desain: At Grade di atas permutan tanah datar
- Panjang Ruas Estimasi: 175,27 kilometer
- Fungsi Rekayasa: Dibangun di atas permukaan tanah relatif datar.
- Elevated (Tol Layang): 22,26 kilometer
- Dibangun melintasi topografi lembah, sungai, dan daerah padat penduduk, meminimalisasi pembebasan lahan.
- Tunnel (Terowongan) Dimungkinkan
Diperkirakan akan menggunakan terowongan kembar, serupa dengan yang digunakan di Tol Cisumdawu, untuk menembus bukit/pegunungan yang sulit.
Desain hybrid ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk tidak mengorbankan keamanan dan kelestarian lingkungan meskipun biaya konstruksi menjadi jauh lebih tinggi.
Fase Pembangunan dan Status Lelang Terkini
Meskipun ambisius, proyek Tol Getaci telah mengalami beberapa kali penundaan lelang dan perubahan trase.
Per November 2025, pemerintah menargetkan lelang dapat diselesaikan dan konstruksi fisik dapat dimulai pada tahun 2026.
Baca Juga: Mulai Dibangun Akhir 2026, Tol Bogor-Serpong senilai Rp 12,35 Triliun Tak Pakai APBN
Pembangunan akan dilakukan dalam dua tahap utama untuk memastikan fokus dan percepatan Tahap 1 (Prioritas): Gedebage-Tasikmalaya dengan panjang menciut menjadi sekitar 90-108 km, dan Tahap 2 Tasikmalaya-Cilacap.
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Wilan Oktavian menegaskan bahwa prioritas sementara adalah menyelesaikan segmen Gedebage hingga Tasikmalaya terlebih dahulu, sebelum melanjutkan ke Cilacap.
Tol Getaci, sebagai calon raja jalan tol terpanjang di Indonesia, adalah simbol kemajuan infrastruktur yang tidak takut menghadapi tantangan geologis.
Ketika konstruksi dimulai pada 2026, ia akan menjadi case studyteknik sipil yang monumental, membuka konektivitas dan potensi ekonomi baru di seluruh wilayah selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah.
Selanjutnya: Rapper Malaysia Namewee Ditahan: Kasus Pembunuhan Influencer Taiwan
Menarik Dibaca: Cicilan KPR Berat? Ini Cara Take Over KPR untuk Angsuran Optimal
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













