kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Sirclo hadirkan omnichanel Swift, apa itu?


Jumat, 14 Agustus 2020 / 06:31 WIB
Sirclo hadirkan omnichanel Swift, apa itu?
ILUSTRASI. Salah satu e-commerce enabler di Indonesia, SIRCLO


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO terus melakukan diversifikasi dan memperluas jangkauan layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kian dinamis.

Merayakan hari jadi ke-7, SIRCLO dengan mengusung tema #InspireTheFuture, dimana SIRCLO berpegangan pada lima nilai utama perusahaan, yakni Inspirasi, Dampak, Peluang, Evolusi, dan Inovasi.

“Selama tujuh tahun, kami telah membantu 10.000 brand Indonesia untuk mendekatkan diri pada konsumen. Kesuksesan terbesar bagi kami adalah ketika melihat kemajuan pesat yang dicapai oleh klien. Kini, di tengah pandemi, kami merasa tanggung jawab untuk membantu para brand berjualan di platform online semakin besar.” ungkap Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO dalam keterangan resmi, Kamis (13/8)

Baca Juga: Enabler e-commerce Sirclo rampungkan merger dengan Icube

Dikarenakan pandemi, baik penjual dan pembeli lebih banyak memilih untuk berinteraksi di platform online demi mengurangi risiko kontak langsung. Menurut lembaga data ADA Indonesia, penggunaan aplikasi belanja online meningkat pesat hingga 300% sejak diberlakukannya PSBB.

Brand-brand yang sebelumnya mengandalkan penjualan di toko, kini harus dengan cepat beralih ke platform online untuk bisa mempertahankan performa bisnis dan terus menjalin interaksi dengan konsumen mereka.

Bertepatan dengan fenomena ini, pada bulan Juni 2020, SIRCLO pun melakukan aksi merger dengan ICUBE, sebuah agensi penyedia solusi teknologi e-commerce yang telah berdiri sejak dua dekade lalu.

Aksi merger ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan dari SIRCLO dan ICUBE, untuk membantu lebih banyak UMKM dan brand yang membutuhkan transformasi digital dengan solusi omnichannel (model penjualan lintas jalur) yang efektif.

ICUBE merupakan salah satu Magento Premier Solutions Partner, platform e-commerce open source yang dapat membantu pemilik bisnis online menjalankan operasional penjualan dengan efektif dan efisien.

Merespons tingginya kebutuhan pasar terhadap pembuatan kanal penjualan online yang canggih, melalui ICUBE, SIRCLO memperkenalkan produk bernama SWIFT, sebuah layanan teknologi untuk memenuhi kebutuhan e-commerce secara omnichannel.

SWIFT by SIRCLO merupakan platform-as-a-service (PAAS) yang menangani tiga komponen esensial untuk penggunanya, yakni software, infrastruktur teknologi, dan personalisasi website.

Dirancang khusus bagi bisnis berskala menengah, SWIFT by SIRCLO merupakan platform satu-untuk-semua, yang memudahkan brand untuk menjalankan semua kegiatan jual-beli online, menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen, hingga menyediakan fitur penjualan lengkap yang telah terintegrasi dengan pihak ketiga.

“Seperti namanya, SWIFT, platform ini dapat mengakselerasi perkembangan bisnis omnichannel digital untuk setiap brand. Hanya dalam waktu empat minggu, kini setiap brand dapat menjalankan platform e-commerce mereka dengan dukungan lebih dari 20 metode pembayaran dan 30 mitra logistik yang siap digunakan. SWIFT merupakan salah satu cara kami untuk mengubah tantangan di masa pandemi ini menjadi kesempatan yang baik bagi para klien SIRCLO,” kata Muliadi Jeo, Founder ICUBE dan kini Chief Technology Officer (CTO) SIRCLO.

Layanan SWIFT by SIRCLO mengintegrasikan berbagai elemen dalam ekosistem bisnis ritel. Misalnya, dengan fitur customer loyalty, brand bisa memberikan reward pada konsumen secara konsisten, di manapun konsumen melakukan pembelian.

Dengan produk SWIFT Omnichannel, kini sistem penjualan online dan offline klien dapat terhubung secara seamless, salah satunya dengan fitur POS (Point of Sales) maupun membership yang terintegrasi, sehingga meningkatkan kepuasan pengalaman berbelanja konsumen.

Selain itu, SIRCLO melihat adanya pergeseran pola tingkah laku konsumen ketika berbelanja online, dimana mereka kini pelan-pelan beralih ke smartphone untuk melakukan pembelian. Fenomena pembelian langsung dari aplikasi atau smartphone ini disebut dengan m-commerce (mobile commerce).

Menurut proyeksi dari Statista, pada tahun 2021, sebanyak 73% dari total penjualan online akan berasal dari m-commerce. Karena itu, setiap brand di Indonesia harus memastikan bahwa website atau aplikasi penjualan mereka mudah diakses dan dinavigasikan secara mobile.

Baca Juga: Akibat corona, Sirclo: 72.000 unit Antis ludes dalam 42 menit

Untuk menjawab tingginya kebutuhan terhadap mobile-friendly website, platform SWIFT by SIRCLO pun menggunakan teknologi terkini seperti Progressive Web Apps dan Native Mobile Apps.

Hingga kini, lebih dari 30 brand ternama di Indonesia telah merasakan manfaat canggih platform omnichannel SWIFT. Misalnya, untuk supermarket online khusus bahan bangunan, Mitra 10, ICUBE by SIRCLO menggunakan teknologi SWIFT untuk membuat website lengkap yang disertai dengan informasi stok produk di setiap toko, sehingga pembeli bisa langsung memilih toko mana yang dapat mereka kunjungi.

Sementara itu, Hush Puppies membutuhkan website e-commerce dalam jangka waktu yang pendek. Berkat teknologi Magento dan SWIFT, ICUBE by SIRCLO berhasil meluncurkan website Hush Puppies di dua negara, Indonesia, dan Singapura, hanya dalam waktu kurang dari delapan minggu.

“Sesuai dengan visi dan nilai perusahaan kami, SIRCLO berkomitmen untuk terus melahirkan inovasi terbaru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terkini. Kami percaya bahwa industri e-commerce dan penjualan online akan senantiasa berubah. Karena itu, SIRCLO terus memperluas layanan agar dapat membantu semakin banyak brand dan UMKM di Indonesia untuk sukses berjualan secara online dan mempercepat kemajuan ekonomi digital di negara ini,” ujar Brian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×