kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas beri penghargaan KKKS dengan kinerja pengelolaan barang dan jasa terbaik


Rabu, 09 Juni 2021 / 00:15 WIB
SKK Migas beri penghargaan KKKS dengan kinerja pengelolaan barang dan jasa terbaik


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan rantai suplai yang baik, transparan dan efisien, SKK Migas memberikan penghargaan kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang berhasil meningkatkan kinerjanya cukup signifikan. 

Penilaian berdasarkan kriteria Key Performance Indicator (KPI) yang ditetapkan. Mekanisme ini dinilai efektif, terbukti capaian KPI KKKS di bidang Pengadaan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Plt. Deputi Pengendalian Pengadaan yang juga adalah Deputi Dukungan Bisnis Rudi Satwiko mengatakan ada 11 kriteria yang selalu dinilai SKK Migas dalam menilai kinerja Pengelolaan rantai suplai KKKS. 

"Kami gembira ternyata capaian kinerja mereka dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun 2020 kinerja mereka mencapai 2,9 atau meningkat 31% dari capaian tahun 2019 yang hanya 2,2. Hal ini berarti akuntabilitas pengadaan barang/jasa menjadi semakin baik dan transparan, proses pengadaan menjadi semakin cepat dan nilai efisiensi yang diperoleh menjadi lebih besar," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/6). 

Baca Juga: Pengembangan Lapangan Maha-2 ditargetkan terlaksana pada kuartal II 2022

Penilaian dilakukan melalui kompetisi yang pada tahun 2021 diikuti oleh 49 KKKS eksploitasi. Penilaian dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu kategori kelompok KKKS besar untuk nilai pengadaan lebih dari US$ 250 juta, kategori kelompok KKKS sedang dengan nilai pengadaan antara US$ 50 – US$ 250 juta dan kategori kelompok kecil untuk pengadaan sampai US$ 50 juta. 

Pada Kategori Kelompok KKKS Besar: juara 1 Petronas Carigalli, juara 2 Medco Energi dan juara 3 ConocoPhilips. Kemudian pada Kategori Kelompok KKKS Sedang,  juara 1 HCML Husky-CNOOC Madura Limited, Kangean Energi Indonesia, Eni. 

Terakhir pada kategori Kelompok KKKS Kecil, juara 1 SPR Langgak, juara 2 Joint operation body Pertamina-Medco E&P Simenggaris, juara 3 PT Tropik Energi pandan.

Rudi menambahkan, usaha untuk meningkatkan kepatuhan dalam proses pengadaan barang dan jasa serta peningkatan efisiensi, merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mencapai visi 1 juta barel per hari  dan 12 billion standard cubic feet per day (BSCFD) gas pada tahun 2030, serta demi meningkatkan penerimaan negara dari usaha hulu migas.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya Erwin Suryadi menambahkan, penetapan kesebelas kriteria penilaian adalah upaya SKK Migas untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa hulu migas. “Salah satu kriteria yang ditetapkan adalah TKDN, karena SKK Migas selalu mengusahakan agar industri hulu migas memberikan dampak langsung pada perekonomian rakyat, sesuai amanat dari Permen ESDM No 15 Tahun 2013," ujar Erwin.  

Pada paparannya Kepala Divisi Pengelolaan Aset SKK Migas Achmad Riad menyampaikan ketaatan dalam pengelolaan aset dan kepabeanan KKKS terus mengalami peningkatan.

“Untuk pengelolaan aset, mayoritas masuk kategori penilaian sedang dan baik mencapai 44%, namun masih ada 15% KKKS yang mendapatkan penilaian kurang sekali. Ini menunjukkan ruang perbaikan masih terbuka lebar dan SKK Migas akan segera menindaklanjutinya," kata Riad

Riad mengatakan untuk kategori sangat baik mencapai 92% KKKS, kategori baik mencapai 4%, penilaian kategori sedang mencapai 2%, dan  sisanya masuk kategori kurang. Tidak ada KKKS yang masuk kategori penilaian kurang sekali.

Selanjutnya: Proyek Lapangan Merakes pasok kebutuhan gas pipa di Kaltim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×