kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,86   4,52   0.66%
  • EMAS909.000 -0,87%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Sky Energy Indonesia (JSKY) sambut positif rencana penerbitan Perpres EBT


Kamis, 06 Februari 2020 / 19:49 WIB
Sky Energy Indonesia (JSKY) sambut positif rencana penerbitan Perpres EBT
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja di pabrik modul panel surya PT Sky Energy Indonesia Tbk di Bogor.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY) menilai rencana penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Harga Jual Listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) dapat menjadi angin segar bagi industri EBT dalam negeri.

Chief Commercial Officer JSKY Kurniadi Widyanta mengaku, untuk saat ini sebenarnya masih terlalu dini mengaitkan pengaruh penerbitan Perpres EBT terhadap kinerja JSKY. Meski begitu, ia yakin kehadiran Perpres tersebut kelak akan berdampak positif bagi investasi EBT di Indonesia.

“Pada dasarnya aturan mesti mempermudah kesempatan bagi pengembang untuk berbisnis EBT,” ujar dia, Kamis (6/2).

Bukan tidak mungkin produsen-produsen panel surya akan terus bermunculan di Indonesia ketika iklim investasi EBT dalam negeri semakin ramah. Jika memang demikian terjadi, harapannya jumlah perusahaan yang memproduksi bahan baku panel surya juga akan tumbuh signifikan di masa mendatang.

Baca Juga: Sky Energy Indonesia (JSKY) incar pendapatan Rp 1 triliun tahun ini

Kurniadi menyebut, salah satu tantangan bisnis JSKY saat ini adalah pemenuhan komponen lokal dalam produk panel surya. Sejauh ini, komponen pembuatan panel surya JSKY baru sekitar 43% saja yang berasal dari dalam negeri.

“Dengan angka 43% saja, kami masih jadi salah satu produsen panel surya yang penggunaan komponen lokalnya tinggi,” ujar dia mengklaim.

Salah satu bahan material panel surya yang cukup sulit dicari di dalam negeri adalah kaca. JSKY membutuhkan kaca dengan ketebalan sekitar 1,7 milimeter untuk pembuatan panel surya. Perusahaan pun mengimpor kaca dari beberapa negara seperti Taiwan, Vietnam, dan China.

“Kalau Perpres EBT diterapkan dengan baik, permintaan terhadap bahan-bahan pembuatan pembangkit EBT bisa meningkat,” tutup dia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×