kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.909.000   -24.000   -1,24%
  • USD/IDR 16.195   57,00   0,35%
  • IDX 7.898   -32,88   -0,41%
  • KOMPAS100 1.110   -7,94   -0,71%
  • LQ45 821   -5,85   -0,71%
  • ISSI 266   -0,63   -0,24%
  • IDX30 424   -3,04   -0,71%
  • IDXHIDIV20 487   -3,38   -0,69%
  • IDX80 123   -1,10   -0,89%
  • IDXV30 126   -1,56   -1,22%
  • IDXQ30 137   -1,32   -0,96%

SMGR Pasok 22.184 Ton Semen untuk Proyek Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 1


Jumat, 15 Agustus 2025 / 18:54 WIB
SMGR Pasok 22.184 Ton Semen untuk Proyek Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 1
ILUSTRASI. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) memasok 22.184 ton semen hingga Juli 2025 untuk mendukung pembangunan Tol Semarang–Demak Seksi 1


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) memasok 22.184 ton semen hingga Juli 2025 untuk mendukung pembangunan Tol Semarang–Demak Seksi 1 (Kaligawe–Sayung) sepanjang 10,64 km.

Tol Semarang–Demak Seksi 1 merupakan Proyek Strategis Nasional yang ditargetkan rampung pada 2027. Jalan tol ini diharapkan memangkas waktu tempuh Semarang-Demak dari 30 menit (saat normal) hingga 60 menit (saat macet), menjadi hanya 10 sampai 20 menit. 

Dari total panjang 10,64 km, sepanjang 6,7 km di antaranya berfungsi sebagai tanggul laut untuk menanggulangi banjir rob yang selama ini melanda wilayah Kaligawe, Genuk, Sayung, hingga kawasan industri Terboyo.

Sebelumnya, SMGR juga turut berkontribusi dalam pembangunan Tol Semarang–Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 km yang telah diresmikan pada 2023 dengan memasok semen sebanyak 156.905 ton.

Baca Juga: Semen Indonesia (SMGR) Optimalkan Digitalisasi untuk Pengelolaan Rantai Pasok

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, Tol Semarang–Demak adalah proyek multifungsi dan bagian penting dalam pembangunan infrastruktur nasional yang akan mengurangi beban lalu lintas di jalur Pantura Jawa Tengah serta menjadi solusi penanggulangan banjir rob. 

“Untuk mendukung pembangunan proyek strategis ini, SMGR memasok semen UltraPro yang memiliki kekuatan optimal untuk menopang kekokohan konstruksi dalam jangka panjang,” ungkap Vita, dalam keterangan resminya, Jumat (15/8). 

Vita menambahkan, SMGR memiliki beragam jenis produk semen tipe khusus yang memiliki ketahanan optimal terhadap asam sulfat dan penetrasi klorida dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir termasuk tanggul laut raksasa (giant sea wall). 

Alternatif produk semen portland SMGR ini memiliki keunggulan dari sisi teknis dengan kemudahan pengerjaan, kuat tekan awal dan akhir yang lebih baik serta tahan lama. 

 

Semen tipe khusus SIG tersebut antara lain semen tahan air laut (DuPro+ SBC), semen tahan asam dan garam (DuPro+ LH), semen untuk lingkungan ekstrem (DuPro+ HSR), semen untuk konstruksi tepi pantai (DuPro+ MSR), dan semen untuk pengecoran massal dan stabilisasi tanah (MaxStrength Pro). 

Produk-produk  ini telah diaplikasikan pada sejumlah proyek di Indonesia, di antaranya Jembatan Suramadu, Jembatan Youtefa, Tol Bali Mandara, Dermaga Sanur, Pengendali Banjir Bogowonto, Pos Lintas Batas Negara Natuna, Pelabuhan Baru Makassar, dan Pelabuhan Patimban. 

”Sebagai produsen bahan bangunan terkemuka di Indonesia, SMGR memiliki beragam pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan jenis peruntukkannya, sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan pembangunan di Indonesia,” tutup Vita. 

Selanjutnya: Presiden Prabowo Tugaskan Danantara Percepat Investasi dan Benahi BUMN

Menarik Dibaca: 7 Kesalahan Tata Letak Dapur yang Bikin Ruangan Tidak Nyaman, Menurut Desainer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mengelola Tim Penjualan Multigenerasi (Boomers to Gen Z) Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×