kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal smelter tembaga Freeport dan Amman Mineral, begini kata IMA dan AP3I


Rabu, 02 Desember 2020 / 17:17 WIB
Soal smelter tembaga Freeport dan Amman Mineral, begini kata IMA dan AP3I
ILUSTRASI. Smelter. REUTERS/Rodrigo Garrido/File Photo


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan smelter tembaga baru di Indonesia masih menjadi sorotan. Selain ada tarik ulur soal lokasi, keekonomian, dan kapasitas, jadwal pengoperasian smelter terancam mundur lantaran pengerjaan proyek terhambat pandemi covid-19.

Proyek smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) bahkan memunculkan sejumlah opsi. Paling tidak ada dua opsi utama yang sedang dinegosiasikan PTFI bersama pemerintah.

Pertama, memangkas kapasitas smelter tembaga baru PTFI yang rencananya berlokasi di JIIPE, Gresik, Jawa Timur, dari semula 2 juta ton konsentrat menjadi 1,7 juta ton. Sebagai ganti pemangkasan itu, PTFI akan meningkatkan kapasitas smelter eksisting di PT Smelting sebanyak 300.000 ton. Sehingga, total tambahan kapasitas tetap 2 juta ton, untuk menampung konsentrat tembaga PTFI agar bisa diolah di dalam negeri.

Kedua, dengan membangun smelter baru di Weda Bay bersama Tsingshan. Seperti diketahui, Weda Bay saat ini merupakan kawasan smelter nikel terintegrasi. Jika opsi ini yang dipilih, maka perusahaan asal China kian mengukuhkan dominasinya dalam hilirisasi tambang di Indonesia, menyusul smelter yang marak di komoditas nikel dan bauksit.

Asosiasi Pertambangan Indonesia atau Indonesia Mining Association (IMA) pun buka suara terkait hal tersebut. Pelaksana Harian Direktur Eksekutif IMA Djoko Widajatno menilai, tidak masalah opsi mana saja yang akan disepakati dan disetujui oleh pemerintah.

Baca Juga: Soal smelter tembaga di Weda Bay, DPR tunggu kesepakatan Freeport dan Tsingshan

Yang terpenting, kewajiban hilirisasi sesuai UU Minerba bisa terlaksana. Namun Djoko menyoroti, jika jadi bekerjasama dengan Tsingshan, maka Freeport bisa mengatasi masalah keekonomian yang sering didengungkan. Selain itu, jika terintegrasi dengan hilirisasi nikel dalam produk turunannya, maka pembangunan industri logam dasar di dalam negeri bisa terakselerasi. Alhasil, pendapatan negara bisa meningkat.

"Harapannya adalah industri (logam) dasar di Indonesia segera dapat dimulai dengan memakai logam yang berasal dari dalam negeri. Sehingga seluruh konsentrat dapat diolah di Indonesia, dimana nilai tambahnya lebih memberikan manfaat," kata Djoko kepada Kontan.co.id, Rabu (2/12).

Adapun terkait dengan dominasi China di sektor hilirisasi mineral, Djoko menilai bahwa kondisi itu tak menjadi soal selama aturan dijalankan secara tegas dan transparan. "Persiapkan peratuan yang transparan, akuntable, sehingga (dampak negatif) dapat dihindarkan. Perkara sentimen positif atau negatif, kita evaluasi lagi," sambung Djoko.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) Prihadi Santoso tak sependapat jika pembangunan smelter tembaga baru PTFI berlokasi di Weda Bay, Halmahera. Menurutnya, lokasi paling ideal untuk membangun smelter adalah didekat PT Smelting sebagai smelter eksisting.




TERBARU

[X]
×