kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Stabilkan harga pakan unggas, Berdikari datangkan gandum


Rabu, 22 September 2021 / 11:44 WIB
Stabilkan harga pakan unggas, Berdikari datangkan gandum
ILUSTRASI. Stabilkan harga pakan unggas, Berdikari datangkan gandum


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Berdikari (Persero) mendatangkan gandum utuh kualitas pakan sebagai upaya mendukung inisiatif pemerintah menjaga kestabilan harga pakan dan produk unggas.

Gandum yang didatangkan memiliki klasifikasi pakan ternak sehingga berbeda dengan gandum untuk bahan baku pangan konsumsi.

"Dengan begitu, produsen pakan ternak yang tergabung dalam Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) dapat menjaga stabilitas harga pakan sehingga kelangsungan bisnis peternak ayam dapat terjaga, serta masyarakat dapat menikmati produk unggas yang berkualitas dan terjangkau,” ujar Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Rabu (22/9/2021). 

Menurut Harry, selain sebagai upaya stabilisasi harga pakan ternak, kedatangan gandum spesifikasi pakan ini juga memberikan pemasukan negara. 

Baca Juga: ADB pangkas proyeksi pertumbuhan 2021, ini tantangan yang dihadapi Indonesia

Tidak seperti gandum untuk konsumsi/pangan yang tidak dikenakan bea masuk, gandum untuk pakan ini dikenakan bea masuk sebesar 5% yang memberikan potensi pemasukan negara cukup signifikan. 

Selain itu Harry juga mengatakan, pihaknya akan mendatangkan gandum klasifikasi pakan ternak hingga 300.000 ton sampai dengan bulan November 2021. Adapun pengiriman ketiga ini berjumlah 25.000 ton yang dibongkar di Cigading - KIP. 

Untuk distribusi dan penyaluran logistik gandum, pihaknya akan bersinergi dengan Berdikari Logistik Indonesia sebagai unit bisnis strategis di dalam menyediakan layanan logistik terpadu. 

Di sisi lain, untuk menanggapi kemungkinan kedatangan gandum pakan secara bertahap, PT Krakatau Bandar Samudera yang dikenal dengan sebutan Krakatau International Port menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi sebagai pintu gerbang muatan mulai dari curah kering seperti gandum utuh hingga ke kontainer ataupun hewan hidup. 

Baca Juga: Kemajuan pengembangan rudal jelajah militer Inggris dan Prancis jadi korban AUKUS

CEO Krakatau International Port Muhamad Akbar menjelaskan bahwa Pelabuhan Cigading memiliki pelabuhan terdalam di Indonesia dan dengan fasilitas yang terus dilengkapi. 

"Dengan begitu diharapkan pelabuhan ini mampu menjadi pelabuhan yang memberikan keunggulan kompetitif di regional dan global bagi pengguna jasanya," kata Akbar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berdikari Datangkan Gandum untuk Stabilisasi Harga Pakan "
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Bambang P. Jatmiko

Selanjutnya: Penurunan Harga Komoditas Pangan Dunia Berlanjut hingga Juli

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×