kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.902.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.254   -26,00   -0,16%
  • IDX 7.005   61,45   0,88%
  • KOMPAS100 1.020   9,19   0,91%
  • LQ45 779   10,37   1,35%
  • ISSI 230   -0,09   -0,04%
  • IDX30 401   6,24   1,58%
  • IDXHIDIV20 465   9,72   2,14%
  • IDX80 115   1,11   0,98%
  • IDXV30 116   1,36   1,19%
  • IDXQ30 129   1,78   1,39%

Sudah Rampung Hampir Separuh, Begini Progres Pembangunan MRT Bundaran HI–Kota


Kamis, 10 Juli 2025 / 20:09 WIB
Sudah Rampung Hampir Separuh, Begini Progres Pembangunan MRT Bundaran HI–Kota
ILUSTRASI. Pekerja berjalan di terowongan MRT Fase 2A Stasiun MRT Thamrin dan Monas di Jakarta. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) fase 2A dengan rute Bundaran HI-Kota sudah hampir setengah jalan. Proyek ini dijadwalkan rampung pada 2029 mendatang. . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.


Reporter: Lydia Tesaloni | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) fase 2A dengan rute Bundaran HI-Kota sudah hampir setengah jalan. Proyek ini dijadwalkan rampung pada 2029 mendatang. 

Per Juni 2025, pembangunan MRT Bundaran HI–Kota sudah mencapai 49,99%, melampaui target 48,54%.

Baca Juga: Wakil Gubernur Rano Karno Apresiasi Layanan dan Rencana Pengembangan MRT Jakarta

Untuk diketahui, pembangunan MRT Bundaran HI-Kota ini dibagi ke tiga segmen berdasarkan rute stasiunnya. Diantara ketiga segmen tersebut segmenThamrin-Monas ditargetkan akan beroperasi lebih dulu pada akhir 2027.

Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 88,41%. Kemudian segmen kedua Harmoni- Mangga Besar dengan progres 53,84%, dan segmen ketiga Mangga Besar-Kota dengan progres 74,79%. 

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Persoda) Weni Maulina menjelaskan, progres segmen kedua memang lebih lambat dari segmen ketiga akibat sempat terjadi gagal tender.

“Saat itu pasca pandemi juga, sekitar 2022,” kata Weni dalam Forum Jurnalis MRT, Kamis (10/7). 

Baca Juga: Cara ke Jakarta Fair Kemayoran 2025 dengan Naik Transjakarta, KRL dan MRT

Selain pembangunan infrastruktur dasar dan struktur bangunan, Weni menjelaskan terdapat tiga segmen pembangunan lainnya, yakni sistem kereta yang sudah mencapai 17,32%, dan badan kereta serta sistem tiket. 

Untuk segmen badan kereta dan sistem tiket, saat ini masih dalam tahap mencari tender.

“Untuk badan kereta kami sedang mengkaji skema pengadaan ulang dengan skema penunjukkan langsung, sementara sistem tiket kami perpanjang bid submission hingga akhir Agustus,” jelas Weni. 

Weni bilang untuk MRT Bundaran HI-Kota ini, realisasi investasi sudah mencapai Rp 12 triliun. Untuk diketahui, pendanaan untuk MRT fase dua dan tiga mendatang ini full didanai dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Loan. Weni menambahkan, untuk pengembalian akan melibatkan porsi APBD dan APBN.

“Tapi pengembaliannya baru 10 tahun kemudian, kita punya grace period,” pungkasnya. 

Selanjutnya: FF Advance Server 2025 Versi OB50, Begini Cara Mendapatkan Kode Aktivasi

Menarik Dibaca: Mulai Hari Ini Pemesanan Tiket Kereta KAI Bisa Lebih Dekat dengan Waktu Keberangkatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×