kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Super Indo meluncurkan Kantong Segar 365 untuk mengurangi penggunaan plastik


Jumat, 26 Februari 2021 / 18:04 WIB
Super Indo meluncurkan Kantong Segar 365 untuk mengurangi penggunaan plastik
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Super Indo menggelar online dialog bertajuk New Ways of Shopping: Rethink & Reuse untuk memperkenalkan berbagai inisiatif penanganan sampah dalam kampanye #SelangkahLebihHijau.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Super Indo menggelar dialog online bertajuk New Ways of Shopping: Rethink & Reuse untuk memperkenalkan berbagai inisiatif penanganan sampah yang didesain dalam kampanye besar #SelangkahLebihHijau.

Kampanye tersebut juga dikhususkan untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah sehari-hari, serta berlaku bijak dalam penggunaan kemasan dan kantong plastik sekali pakai. Super Indo juga meluncurkan produk ramah lingkungan terbaru yaitu Kantong Segar 365 sebagai alternatif pengganti roll plastic ketika pelanggan berbelanja produk segar seperti sayur, buah, dan telur di gerai Super Indo.

“Kampanye ini juga sebagai bentuk dukungan Super Indo kepada pemerintah sebagai komitmen dan perwujudan dari pengelolaan sampah berkelanjutan di bisnis ritel melalui pelaksanaan ekonomi sirkular," ungkap Johan Boeijenga, Chief Executive Officer Super Indo, dalam keterangan, Jumat (26/2).

Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo menambahkan, pihaknya percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau dibakar di insinerator, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencemaran lainnya. "Sampah ini juga memberi kita kesempatan untuk mencari solusi dengan melibatkan masyarakat, dengan menciptakan inovasi terbaru dalam menangani sampah, dan yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Sampai kuartal III-2020, Super Indo buka 10 gerai gerai baru

Sejalan dengan Super Indo, Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyampaikan kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik. Kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik.

Dengan begitu konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Di samping itu konsumen juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik.

"Super Indo saya rasa sudah mengambil peran penting untuk bertindak lebih dari yang diwajibkan aturan, memberi pilihan tas buah dan sayur yang bisa digunakan ulang dan menggantikan roll plastic. Secara langsung ini juga mengedukasi para pelanggannya untuk sadar dan beraksi," kata dia.

Baca Juga: Promo JSM Superindo 26-28 Februari 2021, diskon akhir pekan paling baru!

Sejak tahun 2016, Super Indo menjalankan program pengelolaan sampah dengan konsep ramah lingkungan. Super Indo memprioritaskan dua masalah utama sampah yaitu sampah organik dan sampah plastik. Untuk jenis sampah organik, yang secara volume jauh lebih tinggi, Super Indo membuat dua skala prioritas penanganan.

Pertama adalah mengolah sampah organik menjadi produk bernilai dan kedua memanfaatkan sampah organik untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Dalam menjalankan prioritas tersebut, Super Indo mengelola tiga jenis sampah organik yang paling banyak dihasilkan dalam kegiatan operasional, yaitu sampah buah, sayur, daging, ikan, minyak goreng bekas, dan produk makanan minuman yang masih baik namun tidak dapat dijual.

Dalam menjalankan program ini, Super Indo dibantu oleh beberapa mitra pengelola sampah yang menangani masing-masing jenis sampah.

Baca Juga: Depok terapkan jam malam, Super Indo : Akan memberikan pengaruh terhadap pendapatan

Selanjutnya untuk sampah plastik, sejak tahun 2013 Super Indo telah aktif mengedukasi pelanggan untuk menggunakan kantong belanja guna ulang ketika berbelanja di gerai Super Indo. Kantong belanja guna ulang ini merupakan alternatif pengganti kantong belanja plastik sekali pakai yang disediakan Super Indo sesuai dengan kebutuhan.

Kini dengan hadirnya Kantong Segar 365, kemasan produk segar pakai ulang, sebagai alternatif pengganti roll plastic, Super Indo yakin akan semakin banyak sampah plastik yang bisa dikurangi.

Super Indo saat ini juga sedang mengembangkan model pengumpulan pembuangan sampah kemasan plastik (drop box) bersama salah satu pemasok utamanya: Frisian Flag Indonesia. Program ini didesain untuk memudahkan pelanggan menjadi bagian dari rantai daur ulang kemasan plastik sekali pakai dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Ingin cari informasi promo Superindo? Coba buka aplikasi My Super Indo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×