kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,65   -11,86   -1.27%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suri Nusantara resmi masuk bisnis cold storage


Minggu, 01 Oktober 2017 / 19:31 WIB
Suri Nusantara resmi masuk bisnis cold storage


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu importir dan distributor daging PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) baru saja menggelar grand opening salah satu gudang beku atawa cold storagenya yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Cold Storage ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 30.000 ton.

Komisaris Utama PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) Diana Dewi mengatakan, tujuan pembukaan cold storage ini merupakan salah satu langkah diversifikasi produk SNJ, sebagai penyimpanan daging SNJ yang sudah melebihi batas sekaligus karena potensi pasar yang cukup besar.

Apalagi, menurutnya, saat ini banyak produsen daging, ikan, dan sayuran yang belum memiliki cold storage. Cold storage baru ini memang berfungsi untuk disewakan kepada perusahaan lain.

"Kami sebelumnya punya cold storage tetapi kapasitasnya belum memadai. Ini besar tetapi kapasitasnya besar tetapi bukan pasar saya. Saya tadinya tidak tertarik, tetapi setelah saya mengikuti kondisi ternyata saya mengetahui bahwa semua membutuhkan cold storage tetapi kapasitas sendiri terbatas. Ikan dan sayuran butuh, apalagi daging," tuturnya Minggu (2/9).

Operasional Cold Storage ini sudah berjalan sejak April tahun ini. Sampai sekarang cold storage ini sudah menampung 27.000 ton, dimana 80% terdiri dari daging sapi dan kerbau, dan sisanya diisi oleh daging ayam serta produk es krim. Diana mengatakan terdapat beberapa perusahaan besar yang menyimpan produknya di cold storage SNJ ini sebut saja Perum Bulog dan PT Charoen Pokphand Indonesia.

Meski milik sendiri, namun SNJ pun harus mengeluarkan biaya bila menitipkan daging di cold storage ini. SNJ sendiri akan menyimpan daging impornya di cold storage barunya. "Kalau SNJ meletakkan daging di sini, saya pun memiliki cost sendiri untuk divisi dagingnya," tutur Diana.

Diana mengatakan harga yang mereka tawarkan cukup kompetitif dibandingkan penyedia cold storage lain. Pasalnya mereka menawarkan harga sebesar Rp 16 per kilogram dalam satu hari.

Sistem mitranya juga minimal dalam waktu 6 bulan. Selain karena harga, Diana juga yakin cold storage mereka akan memberikan layanan yang baik.

"Kami menerapkan sistem yang baik dimana sistemnya berurutan. Siapa yang datang lebih dulu itu yang dilayani," katanya.

Melihat permintaan yang cukup tinggi, SNJ juga sedang melakukan pembangunan cold storage terbaru yang juga berlokasi di Cikarang. Cold storage ini akan memiliki kapsitas 30.000 ton dan akan mulai beroperasi mulai Januari 2018. Sayangnya, Diana enggan menyebutkan nilai investasi pada cold storage baru tersebut. Sementara, Diana juga mengungkap sedang memikirkan pembangunan cold storage lainnya di luar Jakarta.

"Kan kita berhubungan dengan pasar, kalau terlalu jauh mereka juga tidak mau simpan di sinu. Teman-teman sudah banyak yang mengiginkan di luar Jakarta, karena harga kami lebih kompetitif. Tetapi yang baru dibangun ini, yang lainnya masih dipikirkan dulu," terang Diana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×