kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Armada, Habco Trans (HATM) Siapkan Capex Rp 400 Miliar


Rabu, 21 Februari 2024 / 16:30 WIB
 Tambah Armada, Habco Trans (HATM) Siapkan Capex Rp 400 Miliar
ILUSTRASI. Kapal kargo bulk carrier PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp 400 miliar tahun 2024. Dana tersebut akan digunakan untuk penambahan armada, seiring dengan tingginya permintaan sewa kapal. 

“Permintaan kapal yang masuk terus melebihi kapasitas layanan angkut Habco Trans (HATM), sehingga kami harus mempercepat belanja modal untuk penambahan armada,” ujar Andrew Kam, Direktur Utama HATM dalam keterangannya, Rabu (21/2). 

Tahun ini, Habco Trans Maritima berencana menambah hingga empat armada kapal dengan strategi pembelian kapal baru dan sewa jangka panjang. 

Andrew bilang, salah satu langkah konkrit yang telah ditempuh perseroan adalah menyewa mother vessel dari berbagai pihak, seperti PT PT Cakra Buana Resources Energi Tbk (CBRE). Namun tambahan tersebut ternyata belum cukup untuk memenuhi tingginya permintaan yang masuk. 

Baca Juga: Pelindo Regional 4 Bukukan Pertumbuhan Kinerja 110,65% Sepanjang 2023

"Kami sudah merealsiasikan time-charter tambahan namun sepertinya tidak cukup. Kami menilai bahwa  langkah terbaik HATM tahun 2024 ini adalah menganggarkan dana Rp 400 miliar untuk pengadaan dua kapal,"  terangnya.  

Terkait pendanaan belanja modal tersebut, Andrew Kam mengatakan, perseroan memiliki neraca keuangan yang kuat, sehingga pendanaan berasal dari laba perseroan dan pinjaman bank. Apalagi perseroan memiliki laba bersih tahun lalu senilai Rp 198 miliar. 

HATM merupakan perusahaan dengan spesialisasi pengoperasian kapal bulk carrier  dengan kepemilikan lima armada kapal dan mengoperasikan enam armada kapal, yang merupakan bagian dari solusi maritim terintegrasi induk usaha PT Habco Primatama.

Habco Primatama sudah berdiri sejak 1991 dan telah mengembangkan usaha pengangkutan kapal laut dari hulu ke hilirnya. Layanan Habco Group memiliki fokus pada logistik maritim dan tidak terbatas pada kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking, dan galangan kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×