kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,39   -1,63   -0.18%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambang Lesu, Truk Berat Melaju di Kargo


Senin, 22 Juli 2013 / 21:01 WIB
Tambang Lesu, Truk Berat Melaju di Kargo
ILUSTRASI. Di tengah penguatan IHSG, saham-saham yang tergabung dalam IDX Value 30 dapat dicermati ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/02/2022.


Reporter: Aceng Nursalim | Editor: Herlina Kartika Dewi

AKARTA. Kondisi pasar komoditas yang masih lesu ternyata tidak menyurutkan penjualan segmen truk berat. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan segmen truk berat pada Juni 2013 mencapai 1.672 unit, naik 29,51% ketimbang Mei 2013 yang sebesardari 1.291 unit. Dalam enam bulan pertama tahun ini, total penjualan truk segmen berat mencapai 7.345 unit.

Dari total penjualan truk segmen berat di Juni 2013, truk Hino membukukan penjualan terbesar yakni 1.280 unit Sedangkan penjualan truk segmen berat dari Mitsubishi tercatat sebesar 287 unit, UD Trucks sebanyak 90 unit, MAN Truck dan Foton masing-masing 8 unit dan 7 unit.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia bilang, penjualan truk berat untuk sektor pertambangan, terutama batubara, masih seret. Namun, penjualan truk untuk sektor pengangkutan dan distribusi alias kargo masih tumbuh.

Apalagi, kondisi ekonomi Indonesia masih terus berkembang. "Untuk menyiasati permintaan truk dari sektor batubara yang turun, kami membuka unit-unit kargo," kata Santiko kepada KONTAN Senin (22/7).

Tahun ini, Hino melanjutkan strategi pembukaan depo baru. Belum lama ini, Hino membuka depo di Medan, Sumatra Utara, untuk mengoptimalkan layanan di wilayah Sumatra. Sebelumnya, awal tahun ini, Hino membuka depo di Balikpapan untuk melayani Kalimantan. 

Tahun lalu, Hino telah membuka depo di Surabaya untuk melayani wilayah Indonesia bagian Timur. "Ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan kepada konsumen kami," jelas Santiko .

Selain menambah depo, Hino juga gencar menambah dealer 3S (sales, service, spare part). Dealer 3S Hino kini mencapai 138 gerai, bertambah dari tahun lalu yang sebanyak 125 gerai. Sayangnya, Santiko enggan membeberkan nilai investasi untuk membuka dealer ini.

Meski pasar batubara masih sepi, United Tractors tetap menargetkan penjualan 600 unit hingga akhir tahun 2013. Untuk mencapai target ini, UNTR meluncurkan truk berat berkekuatan lebih kecil untuk sektor perkebunan.

Investor Relations United Tractors, Ari Setyawan bilang, peluncuran produk truk berat ini diharapkan bisa menopang penjualan truk berat UD Trucks.

Catatan saja, United Tractors adalah agen penjual truk berat untuk UD Trucks. Semester I-2013, perusahaan itu menjual 290 unit truk berat. "Truk berat yang diageni United Tractors untuk UD Trucks bertipe 350 host power yang hampir semuanya untuk sektor batubara," kata Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×