kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,32   7,59   0.89%
  • EMAS926.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Terlibat proyek laptop Merah Putih, Advan siap produksi 20.000 unit


Minggu, 01 Agustus 2021 / 13:33 WIB
Terlibat proyek laptop Merah Putih, Advan siap produksi 20.000 unit
ILUSTRASI. Advan CPE Router Start

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bangga Teknologi Indonesia, produsen laptop lokal Advan mengatakan pihaknya mendapat jumlah pesanan sebanyak 20.000 unit laptop untuk program Laptop Merah Putih yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Chandra Tansri, CEO PT Bangga Teknologi Indonesia menjelaskan perusahaannya masuk ke dalam kategori pengadaan laptop tersebut lantaran produk Advan telah memenuhi kriteria dari pemerintah mengenai kandungan lokal.

"Ketetapan pemerintah soal laptop merah putih yakni tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) minimal 50%. Kami telah memenuhi syarat ketentuan TKDN dari pemerintah," ungkap Chandra saat dihubungi Kontan, Minggu (1/8).

Baca Juga: Kebanjiran Proyek Laptop Sekolah Rp 17 triliun, Produsen Lokal Tambah Produksi

Lebih dikenal sebagai produsen smartphone dan tablet, Chandra mengatakan pihaknya sudah memiliki pengalaman dan kesiapan tersendiri dalam memproduksi laptop. Ia mengatakan bisnis Advan dahulu sempat membuat All In One PC (AIO PC) dan laptop. Pihaknya juga percaya diri sebab sudah malang melintang di industri elektronik lebih dari 20 tahun.

Adapun jenis laptop yang diikutsertakan dalam proyek laptop merah putih menyesuaikan dari permintaan pemerintah. Chandra menyampaikan produk yang dinilai sesuai saat ini adalah Advan Chromebook. "Perakitannya tentu dilakukan di dalam negeri, tepatnya di pabrik Advan di Semarang. Speknya mengikuti standar yang ditentukan Pemerintah," jelasnya.

Mengenai dampak proyek terhadap kinerja Perusahaan, Chandra enggan memberikan detail lebih jauh. Ia hanya mengatakan jika program ini memberikan peluang baru bagi produsen laptop dalam negeri. Tak hanya itu, ia melanjutkan jika hal ini juga menumbuhkan industri elektronik dalam negeri.

"Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, kami yakin buatan lokal akan tumbuh seiring dengan perkembangan dan permintaan terhadap kebutuhan produk laptop," tuturnya.

Selanjutnya: ADVAN hadirkan smarthphone murah dengan harga Rp 1,7 jutaan: ADVAN GX

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×