kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tigaraksa Satria (TGKA) optimis cetak pertumbuhan single digit pada sisi laba bersih


Jumat, 21 Agustus 2020 / 19:15 WIB
Tigaraksa Satria (TGKA) optimis cetak pertumbuhan single digit pada sisi laba bersih
ILUSTRASI. Perusahaan distribusi, distributor barang produk konsumer PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek gulir pagebluk corona (covid-19) diperkirakan masih akan menghambat laju kinerja pelaku usaha di berbagai sektor, tidak terkecuali bagi  PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA).

Head of Legal & Corporate Secretary  PT Tigaraksa Satria Tbk, Syahrizal Sabir mengatakan, prospek bisnis di semester kedua memang masih cukup menantang, sebab imbas pandemi diperkirakan masih akan menekan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.

Meski begitu, ia menilai bahwa terdapat peluang pula yang bisa dimanfaatkan di saat yang sama. Menurut Syahrizal, sejumlah produk seperti misalnya susu bayi, makanan kaleng dan sebagainya masih memiliki permintaan yang stabil, sebab produk-produk tersebut merupakan kebutuhan yang dikonsumsi sehari-hari.

“Ada juga produk yang konsumsinya justru terlihat meningkat saat masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah, misalnya gas isi ulang, dan lain-lain,” kata Syahrizal kepada Kontan.co.id, Kamis (20/8).

Baca Juga: Tigaraksa Satria (TGKA) kantongi kerjasama dengan 3 prinsipal baru di semester I 2020

Agar tidak kehilangan peluang, TGKA sudah menyiapkan beberapa strategi. Pertama, TGKA akan terus berupaya menjajaki peluang-peluang kerja sama yang ada dengan calon-calon prinsipal baru.

Upaya penjajakan ini sudah dilakukan di enam bulan pertama dan telah membuahkan hasil. Tercatat, TGKA telah mengantongi kerja sama dengan 3 prinsipal baru. ketiga prinsipal baru yang didapat memiliki lini produk yang berbeda, yakni Javara dengan produk-produk makanan sehat seperti beras organik dan lain-lain, Almaira dengan produk kosmetik, dan Galenium dengan produk skin care.

Upaya yang sama juga masih akan dilakukan di semester kedua. Saat ini, TGKA tengah berada dalam tahap diskusi untuk menjalin kerja sama dengan beberapa calon prinsipal baru lainnya untuk produk makanan-minuman (mamin) rumah tangga.

Syahrizal berujar, proses diskusi dengan sekitar 3 calon prinsipal yang tengah dijajaki telah memasuki tahapan diskusi yang lebih serius. Ketiganya merupakan calon prinsipal dengan skala usaha nasional. 

Satu di antaranya sudah memasuki tahapan negosiasi kontrak kerja sama dengan perusahaan, namun ia mengaku belum bisa memastikan kapan kira-kira kerja sama distribusi dengan calon-calon prinsipal baru tersebut bisa disepakati dan direalisasikan. 

Selain berupaya dengan mencari peluang-peluang kerja sama baru dengan prinsipal baru, TGKA juga akan berusaha memacu pendapatan dengan menggencarkan penjualan secara digital. 

Baca Juga: Pendapatan turun, laba Tigaraksa Satria (TGKA) masih tumbuh di semester I-2020




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×