kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.968.000   8.000   0,41%
  • USD/IDR 16.296   -38,00   -0,23%
  • IDX 7.118   -48,47   -0,68%
  • KOMPAS100 1.035   -9,01   -0,86%
  • LQ45 795   -6,82   -0,85%
  • ISSI 230   -1,51   -0,65%
  • IDX30 414   -1,63   -0,39%
  • IDXHIDIV20 485   -0,53   -0,11%
  • IDX80 116   -0,98   -0,84%
  • IDXV30 119   0,20   0,16%
  • IDXQ30 133   -0,23   -0,17%

TikTok Genjot Strategi Offline Commerce lewat Beauty Fest 2025


Senin, 16 Juni 2025 / 22:25 WIB
TikTok Genjot Strategi Offline Commerce lewat Beauty Fest 2025
ILUSTRASI. TikTok Beauty Fest 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok Indonesia mulai memperluas strategi content-driven commerce ke ranah offline dengan menggelar TikTok Beauty Fest 2025, festival kecantikan offline pertamanya pada 13–15 Juni 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta.

Menggandeng lebih dari 30 brand lokal dan internasional serta 90 kreator kecantikan, TikTok memanfaatkan acara ini sebagai kanal interaksi langsung yang mendorong transaksi ritel serta memperkuat posisi sebagai platform e-commerceberbasis komunitas.

Festival ini juga menjadi bagian dari upaya TikTok menciptakan pengalaman belanja imersif bagi Gen Z dan milenial, sekaligus menghubungkan kreator, konsumen, dan brand dalam satu ekosistem terintegrasi.

"TikTok Beauty Fest menjadi langkah konkret kami untuk menyatukan dunia online dan offline sekaligus mendukung ekosistem beauty commerce yang makin inklusif," ujar perwakilan TikTok Indonesia dalam keterangannya, Minggu (15/6).

Baca Juga: TikTok Beauty Fest Kembangkan Sektor Kecantikan Makin Berkilau

Tak hanya jadi ajang promosi produk kecantikan, festival ini juga dirancang sebagai kanal interaksi langsung antara pengguna, kreator, dan brand. Deretan aktivitas mulai dari creative talk, workshop, hingga sesi TikTok LIVE Shoppingmenjadi daya tarik utama.

Sejumlah brand besar seperti Wardah, L'Oreal Paris, Maybelline, dan FOCALLURE memanfaatkan momentum ini untuk menghadirkan demo langsung bersama para kreator seperti Farra Jaidi, Maulidya Saraswati, hingga Heidiana Tjahjadi.

"Ini adalah cara baru bagi brand untuk memperkenalkan produk sambil memberikan pengalaman langsung yang lebih engaging ke konsumen," ujar salah satu peserta brand.

Festival ini juga menjadi bukti keseriusan TikTok menyasar generasi muda dalam mendukung gaya hidup dan tren kecantikan. TikTok membangun TikTok Experience Area sebagai sarana interaktif seperti host registration, games with creators, glambot photobooth, hingga tantangan #TikTokBeautyFestID yang memperebutkan berbagai hadiah.

Baca Juga: Tokopedia & TikTok Shop Resmi Terintegrasi! Begini Tanggapan Pelapak

Pengunjung hanya perlu mendaftar melalui aplikasi Tiket.com secara gratis untuk menikmati seluruh rangkaian aktivitas selama tiga hari.

TikTok juga menjadikan festival ini sebagai panggung bagi kreator kecantikan lokal yang memiliki pengaruh kuat di platform, seperti Alma Tando (@catlovers29) dan Sharon Nathania (@syeaja).

Dengan gaya konten yang autentik dan dekat dengan keseharian, keduanya dianggap sukses membangun komunitas dan menginspirasi audiens tentang makna kecantikan yang lebih inklusif.

“TikTok jadi tempat aku bebas berekspresi. Beauty Fest ini bukan cuma festival, tapi ruang buat saling belajar dan berkembang bareng,” kata Alma.

Sharon menambahkan, “Acara ini jadi wadah buat berbagi edukasi seputar skincare dan self-care. Ini bukan sekadar tren, tapi soal menciptakan ruang yang suportif.”

Langkah TikTok menggelar Beauty Fest secara offline menunjukkan komitmen perusahaan untuk memperkuat jembatan antara content-driven commerce dan pengalaman belanja langsung. Ini juga sejalan dengan tren konsumen muda yang makin mencari pengalaman imersif dalam berbelanja.

Menurut data internal TikTok, konten bertema kecantikan termasuk salah satu kategori paling berkembang, dengan jutaan penonton tiap harinya. Dengan Beauty Fest, TikTok berharap bisa mengkonversi antusiasme tersebut menjadi transaksi nyata—baik online maupun offline.

Baca Juga: Tokopedia & TikTok Shop Resmi Meluncurkan Seller Center

Selanjutnya: Bursa Israel Menguat Senin (16/6), Shekel Catat Penguatan Harian Tertinggi Sejak 2008

Menarik Dibaca: Suka Minum Susu? Ini 5 Efek Terlalu Banyak Minum Susu yang Wajib Anda Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×