kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.399.000   13.000   0,94%
  • USD/IDR 16.140
  • IDX 7.328   27,17   0,37%
  • KOMPAS100 1.142   4,95   0,44%
  • LQ45 920   5,02   0,55%
  • ISSI 219   0,28   0,13%
  • IDX30 458   2,53   0,56%
  • IDXHIDIV20 549   3,16   0,58%
  • IDX80 129   0,76   0,60%
  • IDXV30 127   0,36   0,29%
  • IDXQ30 155   0,64   0,42%

TikTok Indonesia Kerjasama Dengan PT Pos Indonesia luncurkan Creator House


Rabu, 10 Juli 2024 / 15:43 WIB
TikTok Indonesia Kerjasama Dengan PT Pos Indonesia luncurkan Creator House
ILUSTRASI. Ilustrasi. Wadahi kreator dan UMKM TikTok Indonesia bersama dengan PT Pos luncurkan Creator House.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok Indonesia bersama dengan PT Pos Indonesia resmi meluncurkan sebuah wadah yang didedikasikan bagi pelaku bisnis usaha swasta dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan komunitas pembuat konten (content creator) bertajuk Creator House. 

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan tujuan kerja sama dengan TikTok adalah untuk berkolaborasi, meremajakan citra Pos Indonesia dan memperdayakan UMKM.

Lebih lanjut, Pos Indonesia juga berkomitmen untuk membuat rumah kreasi lainnya di beberapa kota di Indonesia. Tahun ini, perusahaan logistik tersebut juga berencana membuka 50 rumah kreasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Tahun ini kita sudah merancang 50 lokasi PT Pos Indonesia di berbagai kota untuk dijadikan UMKM center," ujar Faizal ditemui dalam acara bertajuk TikTok I Pos Aja! Creator House” yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (10/7). 

Baca Juga: Demi UMKM Lokal, Mendag Sambut Positif Kembalinya Tiktok Lewat Tokopedia

Director of Communications TikTok Indonesia, Anggini Setiawan menyebut, TikTok/Pos Aja! Creator House merupakan rumah kreatif pertama di Indonesia. Di situ, kata dia, tersedia sejumlah fasilitas yang bisa digunakan tidak hanya kreator tapi masyarakat umum.

"Kami sediakan fasilitas kreasi konten, teman-teman media bisa lihat, terbuka bukan hanya kreator dan UMKM namun juga publik secara luas bisa datang ke sini dan menggunakan fasilitas kami," ungkapnya.

Selain itu, di tempat itu ada area kegiatan yang bisa digunakan untuk kreator hingga UMKM. 

TikTok menyebutkan, pihaknya juga memiliki area kegiatan yang bisa digunakan oleh baik teman-teman kreator, UMKM maupun mitra TikTok. 

Asal tahu saja, pihaknya mencatat sebanyak 21 juta penjual di Shop Tokopedia dan Tokopedia. Lalu, saat ini sebesar 63% kreator TikTok Indonesia mendapatkan penghasilan dari TikTok lebih dari upah minimum. Lalu, delapan juta lebih kreator berpenghasilan lewat fitur monetisasi TikTok. 

Ke depannya, TikTok Indonesia akan mengembangkan beberapa kegiatan baru antara lain adalah OlahragaTikTok, For You Academy, TikTok Music dan Entertainment Week. 

Peluncuran ini turut diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam sambutannya, Erick mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan pelat merah untuk bermitra dengan pelaku bisnis UMKM sebagai upaya mendapatkan keuntungan bersama, salah satunya PT Pos Indonesia.

"Saya mendorong semua BUMN juga terbuka untuk berpartner dengan UMKM, private sector, investasi luar negeri secara transparan dan profesional," ujar Erick ditemui dalam acara di Jakarta. 

Erick menyebutkan sejak awal pihaknya memberikan tantangan kepada Pos Indonesia untuk bertransformasi secara nyata, baik dalam bisnis logistik hingga digitalisasi. Sebagai perusahaan BUMN tertua, Pos Indonesia diharapkan agar tidak menjadi sejarah yang terlupakan karena tergerus jaman.

"Saya mendorong harus lebih maksimal lagi, supaya tadi jangan sampai PT Pos jadi dinosaurus yang terlupakan, tetapi justru menjadi agregator daripada supply chain e-commerce yang ada di Indonesia yang sedang tumbuh besar," ujarnya. 

Baca Juga: Apindo Dorong Pelaku Industri Digital Ikuti Jejak TikTok Shop-Tokopedia

Selanjutnya: Passing Grade Tes SKD Sekolah Kedinasan 2024 dan Jadwal Pelaksanaan Tesnya

Menarik Dibaca: Ketahui 11 Cara Terbaik Mencegah Diabetes, Terapkan Sejak Sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×