kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.910.000   -13.000   -0,68%
  • USD/IDR 16.326   -14,00   -0,09%
  • IDX 7.193   26,10   0,36%
  • KOMPAS100 1.048   2,54   0,24%
  • LQ45 816   1,31   0,16%
  • ISSI 225   0,70   0,31%
  • IDX30 426   0,27   0,06%
  • IDXHIDIV20 505   -0,18   -0,04%
  • IDX80 118   0,14   0,12%
  • IDXV30 120   0,32   0,27%
  • IDXQ30 139   -0,17   -0,12%

Tingkatkan Kinerja, Pengembang Properti Andalkan Marketing Sales Tahun Ini


Jumat, 23 Mei 2025 / 05:52 WIB
Tingkatkan Kinerja, Pengembang Properti Andalkan Marketing Sales Tahun Ini
ILUSTRASI. The Zora BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation. Sejumlah pengembang properti terus berupaya meningkatkan kinerja dengan menggenjot prapenjualan atau marketing sales sepanjang tahun 2025 ini.


Reporter: Pulina Nityakanti, Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sejumlah pengembang properti terus berupaya meningkatkan kinerja dengan menggenjot prapenjualan atau marketing sales sepanjang tahun 2025 ini.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) misalnya mencatat pertumbuhan marketing sales pada kuartal I-2025. 

Kinerja positif tersebut ditopang oleh proyek residensial, khususnya yang berlokasi di BSD City. Selain itu, proyek residensial di Grand Wisata Bekasi dan Kota Wisata Cibubur turut memberikan kontribusi.

Baca Juga: Naik dari 2024, Pakuwon (PWON) Pasang Target Marketing Sales Rp 1,8 Triliun di 2025

Secara rinci, segmen residensial memberikan kontribusi terbesar, yakni sebesar Rp 1,28 triliun atau 53% dari total marketing sales. 

Sementara itu, segmen komersial menyumbang Rp 1,03 triliun atau 42%, yang berasal dari prapenjualan ruko sebesar Rp 747 miliar, lot komersial Rp 135 miliar, dan unit apartemen Rp 149 miliar.

Untuk segmen apartemen, penjualan berasal dari proyek The Elements, Southgate, dan Aerium di Jakarta, serta Akasa dan Upper West di BSD City.

Direktur BSDE, Hermawan Wijaya, menyampaikan bahwa perusahaan mencatatkan marketing sales sebesar Rp 2,43 triliun pada kuartal I-2025. 

Angka ini mencerminkan pertumbuhan 9% dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal I-2024 yang sebesar Rp 2,22 triliun. 

Baca Juga: Lippo Karawaci (LPKR) Optimistis Capai Target Marketing Sales Rp 5,33 Triliun di 2024

“Hal tersebut memberikan awal yang baik bagi BSDE di awal tahun,” ujar Hermawan kepada KONTAN, Selasa (20/5).

Sementara itu, PT Perdana Gapuraprima Tbk (GPRA) menargetkan perolehan marketing sales sebesar Rp 600 miliar sepanjang tahun 2025.

 

Direktur Utama GPRA, Arvin F. Iskandar, menyatakan bahwa realisasi marketing sales hingga kuartal pertama telah mencapai hampir Rp 200 miliar. 

Capaian ini masih sejalan dengan target yang ditetapkan perusahaan. 

Salah satu faktor pendorong penjualan tahun ini adalah program insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP). 

“Ya, (program PPN DTP) masih mendorong penjualan perumahan dan kami berharap masih berlangsung hingga Desember 2025,” katanya.

Baca Juga: Ditopang Segmen Residensial, Marketing Sales BSDE Tumbuh 9% di Kuartal I 2025

Arvin juga mengungkapkan bahwa beberapa proyek menjadi penopang kinerja tahun ini, di antaranya Bukit Cimanggu City Bogor dan Metro Cilegon. 

“Bukit Cimanggu City Bogor dan Metro Cilegon masih merupakan primadona penjualan GPRA,” tutur dia.

Di sisi lain, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membukukan marketing sales sebesar Rp 445 miliar hingga April 2025.

Corporate Secretary APLN, Justini Omas, menyampaikan bahwa pencapaian tersebut berasal dari proyek unggulan Podomoro Park Bandung. 

Selain itu, proyek Bukit Podomoro Jakarta dan Podomoro City Deli Medan turut menyumbang kinerja dengan daya saing yang kuat di pasar properti.

Selanjutnya: Pengumuman Kelulusan PPPK Tahap 2 Mundur, Ini Informasinya

Menarik Dibaca: Apa Penyebab Kanker Darah pada Anak ya? Inilah Beberapa Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×