kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.250.000   11.000   0,49%
  • USD/IDR 16.640   37,00   0,22%
  • IDX 8.140   21,59   0,27%
  • KOMPAS100 1.116   -2,74   -0,25%
  • LQ45 782   -2,78   -0,35%
  • ISSI 287   0,98   0,34%
  • IDX30 411   -1,53   -0,37%
  • IDXHIDIV20 463   -3,28   -0,70%
  • IDX80 123   0,03   0,02%
  • IDXV30 133   -0,26   -0,19%
  • IDXQ30 129   -0,89   -0,69%

Toyota Hanya Mengandalkan Perpanjangan Servis Berkala


Minggu, 01 Februari 2009 / 19:25 WIB
Toyota Hanya Mengandalkan Perpanjangan Servis Berkala


Reporter: Ali Imron | Editor: Djumyati P.

Berbeda dengan Ford, Toyota Astra Motor tidak memperpanjang masa garansi melainkan memberikan tambahan layanan servis berkala sampai lima tahun. Sebelumnya layanan servis berkala ini cuma berlaku sampai tiga tahun saja. “Servis berkala untuk kendaraan sampai 50.000 km ini mulai berlaku Januari 2009. Sementara yang dimaksud dengan servis berkala itu sendiri meliputi ganti oli, kanvas rem, dan sebagainya, tergantung paket,” tutur Kepala Komunikasi TAM, Achmad Rizal.

Sampai saat ini Toyota masih belum berpikir untuk memperpanjang masa garansi mobil. Pasalnya dengan perpanjangan layanan servis berkala saja sudah cukup membuat nilai jual mobil Toyota tetap tinggi di pasar. “Sebagai gambaran, Corolla tahun 1996 masih laku Rp 60 jutaan kalau dijual di 2008, padahal harga jualnya dulu sekitar Rp 40 jutaan,” tandasnya.

Sayangnya, Achmad Rizal tidak memberikan gambaran detail berapa banyak pemasukan dari penjualan dari divisi after sales service-nya. Termasuk berapa banyak populasi pengguna mobil Toyota sejak masuk pertama kali tahun 1973. “Tapi, kami memiliki 193 dealer yang akan melayani penjualan spare parts. Adapun masa garansi servisnya 15 hari dan spare part-nya selama setahun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×