Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Markus Sumartomjon
JAKARTA. Produsen komponen otomotif PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) memproyeksikan penjualan bakal terdongkrak saat Lebaran kemarin. Bahkan kondisi serupa bakal terus berlanjut hingga paska Lebaran. Artinya, penjualan anak usaha PT Astra International Tbk ini bakal lebih tinggi ketimbang penjualan di bulan biasa.
Direktur Astra Otoparts, Robby Sani bilang secara tradisi permintaan komponen dari pabrikan otomotif akan meningkat di kisaran 5% - 10%. "Beberapa suku cadang permintaannya diprediksi naik baik untuk motor maupun mobil," katanya kepada KONTAN.
Tradisi mudik masyarakat Indonesia ini jelas memberi peluang peningkatan penjualan Astra Otopart. Biasanya, pemudik bakal mengganti suku cadang baik itu sebelum atau sesudah mudik.
Beberapa suku cadang yang diproyeksi menjadi pendongkrak penjualan di antaranya adalah ban, aki dan kampas rem. "Terutama untuk penjualan suku cadang motor karena harganya relatif lebih murah," lanjutnya.
Peningkatan permintaan onderdil otomotif ini dinilai bisa mendongkrak penjualan di semester kedua tahun ini. Namun, Robby masih belum bisa memprediksi target pertumbuhan penjualan di paruh kedua tahun ini. Alasannya adalah ia harus melihat kinerja penjualan mobil dan motor sampai September nanti. Ini berkaitan dengan aturan uang muka pembelian kendaraan secara kredit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News