Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengungkapkan, ada kenaikan trafik layanan data sebesar 21% di periode 28 Maret–6 April 2025 dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan, terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode Lebaran, terutama untuk akses layanan streaming video.
"Dibandingkan periode ramadan dan Lebaran di tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik layanan sebesar 5%," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/4).
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.
Baca Juga: Bersiap Merger dengan FREN, Begini Prospek dan Rekomendasi Saham XL Axiata (EXCL)
Secara nasional, bandara dan pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.
Berdasarkan wilayahnya, kenaikan trafik data paling besar terjadi di Jawa Tengah sebesar 44% dibanding hari biasa. Di susul, Nusa Tenggara Barat dan Lampung yang masing-masing melonjak 29%.
Trafik layanan di Jabodetabek tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa sebesar 18%. Data EXCL menunjukkan tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain mencapai 27%.
"Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, mungkin dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode Lebaran sebelumnya," jelas Gede.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News